Tanya Herbal

Masak Sayur Asem Setiap Hari


Arvita Ratnasari

By Arvita Ratnasari
Selasa, 06 September 2016 07:40:21

Selamat pagi dok.
Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur asem. Yang jadi pertanyaan saya adalah, apakah tidak apa-apa jika mengkonsumsi sayur asem setiap hari untuk kesehatan suami dan anak saya ?



Ari Hermansyah
Admin

By Ari Hermansyah
Selasa, 06 September 2016 07:50:40

Hai Arvita.


Terimakasih sudah berkunjung di tanyaherbal.com. Sayur asem memang sudah akrab ditelinga kita, selain enak sayur asem ini punya cita rasa yang khas yang dapat merangsang lidah dan membuat makan menjadi lahap. Suami dan anak setiap hari makan sayur asem justru sangat baik bagi kesehatan mereka, karena berbagai bahan-bahan dari sayur asem itu mempunyai khasiat tersendiri bagi kesehatan, seperti :


1. Asam jawa
Komponen utama dalam membuat sayur asem adalah asam jawa. Manfaat asam jawa untuk kesehatan diantaranya adalah mengobati batuk kering, mengobati radang tenggorokan, mengatasi keputihan, mengobati penyakit darah rendah, mengobati campak, dan menambah stamina serta daya tahan tubuh.


2. Kacang panjang
Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang panjang bagus untuk melancarkan pencernaan. Manfaat kacang panjang diantaranya adalah untuk mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan lain, mengendalikan kadar gula dalam darah, mengikat lemak tubuh, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.


3. Labu siam
Umbi-umbian yang memiliki nutrisi tinggi ini mempunyai kandungan karbohidrat yang banyak sehingga bisa menggantikan nasi. Manfaat labu siam lainnya adalah untuk mencegah kanker, memperlancar proses pencernaan, mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, menjaga daya tahan tubuh, mencegah hipertensi, memberikan energi tambahan untuk tubuh, dan menurunkan kandungan kolesterol.


4. Melinjo
Salah satu ikon dari sayur asem adalah adanya melinjo atau daun melinjo di dalamnya. Selain untuk mempercantik tampilan sayur asem, melinjo juga kaya akan manfaat. Diantaranya adalah anti oksidan, menekan penumpukan lemak, menangkal radikal bebas, mengontrol kadar gula dalam darah, menghambat pertumbuhan bakteri, menjadi obat untuk penyakit yang disebabkan infeksi karena bakteri, serta kandungan serat yang tinggi dalam melinjo baik untuk pencernaan.


5. Jagung manis
Sayur asem akan kurang lengkap rasanya tanpa tambahan jagung manis. Beberapa manfaat jagung manis untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai sumber karbohidrat dan sumber kalori, juga untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memperlancar pencernaan.


Sangat jelas bukan bahwa sayur asem itu sangat baik untuk kesehatan, jadi ibu tidak perlu khawatir jika setiap hari selalu menyertakan sayur asem dalam menu makan keluarga. Namun konsumsi sayur asem ini harus dibatasi dan dihindari oleh penderita "gout" atau "asam urat" karena terkandung zat purin yang berasal dari melinjo. Zat purin ini harus di hindari oleh penderita asam urat.


Demikian yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat. Dan selengkapnya mengenai manfaat sayur asem dapat anda baca di tautan berikut :


Manfaat Dari Bahan-bahan Sayur Asem (silahkan klik)



Balas Pertanyaan

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top