Tanya Herbal

Apa efek samping dari obat paru-paru ethambutol, inadoxin, dan rifampicin ?


endah rahmawati

By endah rahmawati
Selasa, 16 Agustus 2016 09:44:59

Assalamu'alaikum ...

Mau nanya nih dok, Saudara saya satu bulan terakhir diperiksa ke dokter akibat dadanya sesak dan hasilnya bahwa saudara saya terkena infeksi paru-paru yang mengharuskan menjalani terapi selama 6 bulan dan dikasih obat ethambutol, inadoxin, dan rifampicin. Namun efek setelah mengkonsumsi obat paru-paru yang dikasih dokter tersebut urin saudara saya berubah menjadi warna kuning kemarahan, apakah emang efek dari obatnya seperti ?



Nandang Rohimat
Admin

By Nandang Rohimat
Selasa, 16 Agustus 2016 09:47:42

Hallo endah,
Terimakasih telah bertanya ke tanyaherbal.com. Obat yang diberikan dokter memang obat untuk mengobati infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Salah satu dari efek samping dari salah satu obat tersebut yaitu urin akan berwarna kuning kemarahan. Ini merupakan suatu reaksi yang terbilang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Setelah tidak lagi mengkonsumsi obat tersebut, maka warna urin akan kembali normal. Selain itu juga obat-obat paru-paru tersebut dapat memberikan efek samping lainnya seperti mual.

Disarankan untuk mengkonsumsi obat paru tersebut sesuai dengan anjuran dokter, dan jangan sampai menghentikan secara tiba-tiba. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan dan memicu terjadinya resistensi antibiotik yang tidak baik bagi tubuh dikemudian hari. Untuk info lebih lengkapnya bisa Anda simak artikel ini : Ethambutol



Balas Pertanyaan

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top