Tanya Herbal

Sakit Kepala Setelah Konsumsi Bromocriptine


Rita Kartika

By Rita Kartika
Jum'at, 23 September 2016 08:04:17

Selamat pagi dok, usia saya saat ini sudah mau 28 tahun, sudah 5 tahun berumah tangga namun masih belum juga dikasih momongan. Saya periksakan ke dokter dan diberi obat Bromocriptine, masalahnya setiap sudah mengkonsumsi obat tersebut saya sering sakit kepala, apakah ini wajar atau saya tidak cocok dengan obat tersebut ? dan satu lagi dok, mohon penjelasannya tentang obat Bromocriptine tersebut.



Ari Hermansyah
Admin

By Ari Hermansyah
Jum'at, 23 September 2016 08:14:15

Hai Rita, terimakasih sudah berkunjung di tanyaherbal.com. Sakit kepala setelah mengkonsumsi Bromocriptine memang lazim terjadi, sebab sakit kepala tersebut merupakan efek samping dari Bromocriptine. Hal ini masih terbilang wajar jika sakit kepalanya masih dalam intensitas normal dan mudah hilang dalam beberapa jam. Namun jika sakit kepalanya berlanjut hingga beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, maka sebaiknya anda periksakan kembali ke klinik atau dokter terdekat untuk mengetahui penyebab sakit kepala tersebut.


Bromocriptine adalah obat untuk mengatasi tingkat hormon prolaktin yang tinggi penyebab prolaktinoma dan galaktorea. Prolaktinoma merupakan tumor yang terjadi pada kelenjar pituitary maupun hipofisis di otak namun tidak bersifat kanker. Sedangkan galaktorea merupakan kondisi dimana cairan ASI keluar dari putting tapi terjadi pada masa bukan menyusui atau tidak berkaitan dengan produksi ASI normal.


Bromocriptine bisa juga dipakai untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, dan akromegali. Cara kerja bromocriptine adalah dengan menghalangi pelepasan hormon prolaktin yang diproduksi kelenjar pituitary di bawa hotak. Hormon tersebut memberikan pengaruh terhadap siklus menstruasi dan produksi ASI sehingga bisa dipakai untuk menangani masalah menstruasi semisal amenore, kondisi dimana siklus haid tidak lancar atau tidak berjalan sama sekali. Juga, untuk menghentikan produksi ASI tidak normal pada perempuan dan sebagian kecilpria.


Bromocriptine bisa pula digunakan untuk mengobati kemandulan atau infertilitas yang disebabkan hormon prolaktin terlalu tinggi dalam tubuh baik dalam tubuh perempuan ataupun laki-laki. Obat yang berjenis hormon tropissintetis ini berbentuk kapsul dan tablet dan bisa dikonsumsi orang dewasa.


Perempuan yang sedang melakukan program kehamilan, sedang hamil, maupun sedang menyusui baiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum bromocriptine dikonsumsi. Usai mengonsumsi bromocriptine sebaiknya tidak mengoperasikan alat berat dan mengemudikan kendaraan karena obat ini bisa membuat sakit kepala atau mengantuk.


Demikian yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat. Informasi selengkapnya tentang obat Bromocriptine bisa anda baca di tautan >> Bromocriptine



Balas Pertanyaan

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top