Tanya Herbal

Reaksi dari Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Alergi Obat

Alergi obat merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap obat tertentu yang diminum. Kondisi tersebut tidak sama dengan efek samping obat atau keracunan obat karena overdosis. Umumnya, alergi obat bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh berupaya untuk memerangi zat tertentu dalam obat tersebut dimana kekebalan tubuh menganggap obat, sebagai zat yang dapat menyakiti tubuh.

Gejala yang terjadi pada orang yang alergi terhadap obat biasanya muncul bertahap. Reaksi tersebut mungkin tidak akan muncul langsung ketika pertama kali meminum obat. Pada penggunaan pertama, sistem kekebalan tubuh menilai obat sebagai zat berbahaya untuk tubuh, lalu mengembangkan antibody secara perlahan. Selanjutnya, antibody akan menyerang zat dari obat tersebut. Proses itu yang memicu gejala-gejala alergi obat.


Sebagian besar gejala alergi obat terbilang ringan, dan akan menghilang dalam beberapa hari. Gejala umum alergi obat diantaranya adalah gatal-gatal, bentol-bentol pada kulit, batuk, hidung beringus, sesak nafas, mata gatal dan berair, demam, dan pembengkakan. Meski tidak berbahaya, namun ada pula reaksi alergi yang terbilang parah dan dapat memicu reaksi alergi obat yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem tubuh atau anafilaksis. Kondisi tersebut sangat serius dan dapat berakibat fatal sehingga perlu penanganan secepat mungkin.

Lalu obat apa saja yang menyebabkan reaksi alergi? Hampir semua obat dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Namun tidak semua reaksi disebut dengan alergi. Selain itu, alergi pada setiap orang juga berbeda-beda. Obat-obatan yang bisa memicu alergi diantaranya adalah aspirin, antibiotik seperti penisilin, anti inflamasi non-steroid, vaksin, lotion atau krim kortikosteroid, insulin, antikonvulsan, obat-obatan untuk hipertiroidisme, dan obat-obatan untuk HIV dan kemoterapi.

Baca juga : Fexofenadine Obat Pereda Inflamasi Akibat Reaksi Alergi

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko alergi obat. Berikut kami uraikan :

- Faktor Genetik. Risiko mengalami alergi obat akan meningkat jika anggota keluarga Anda pun ada yang alergi terhadap obat-obatan tertentu.

- Memiliki Alergi Pada Obat Lain. Misal jika Anda alergi terhadap antibiotik penisilin, bukan tidak mungkin Anda juga bisa alergi terhadap amoxicillin.

- Peningkatan Dosis Obat. Misal karena penggunaan dalam jangka panjang, dalam dosis tinggi, atau penggunaan obat yang berulang.

- Pernah mengalami jenis alergi lain seperti alergi makanan.

- Mengidap penyakit yang membuat tubuh sangat rentan terhadap reaksi alergi obat seperti mengidap HIV.

Untuk mendiagnosis alergi obat, salah satunya adalah dengan memeriksakan kondisi fisik dan kesehatan Anda. Khususnya mengenai jenis obat yang dipakai, dan waktu kemunculan gejala. Jika perlu, dokter akan menganjurkan pemeriksaan mendetail untuk memastikan diagnosis seperti tes darah dan tes kulit.

By Raka Dimas - Obat Kimia Selasa, 13 September 2016 14:10:17

Reaksi dari Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Alergi Obat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda wajib mengetahui Reaksi dari Sistem Kekebalan Tubuh Terhadap Alergi Obat agar bisa menyesuaikan saat anda akan mengkonsumsi obat tertentu.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Erythromycin Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Akut

Erythromycin obat untuk mengobati infeksi…

Obat Kimia
Amonium Klorida, Senyawa Yang Terdapat Dalam Obat Batuk

Amunium klorida merupakan bahan yang…

Obat Kimia
Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi

Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top