Tanya Herbal

Azithromycin, Antibiotik Makrolida Untuk Infeksi Karena Bakteri

Azithromycin, Antibiotik Makrolida Untuk Infeksi Karena Bakteri Golongan Makrolidum Yang Mempunyai Spektrum Luas

Infeksi kelamin, infeksi telinga, infeksi kulit, bronkhitis, sinusitis, faringitis, tonsillitis, dan pneumonia adalah berbagai macam infeksi yang diakibatkan bakteri. Azithromycin merupakan obat yang bisa dipakai untuk mengatasi infeksi tersebut.



Cara kerja Azithromycin adalah dengan menghentikan bakteri penyebab infeksi untuk berkembangbiak. Obat tersebut bisa dikonsumsi juga oleh orang yang memiliki alergi terhadap penisilin. Karena termasuk antibiotik, Azithromycin tidak bisa dipakai untuk mengatasi infeksi karena virus seperti pilek dan flu.

Obat yang tergolong obat resep ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak dengan berat badan 45 kilogram ke atas dan orang dewasa. Azithromycin, antibiotik makrolida untuk infeksi karena bakteri berbentuk cairan yang diminum, tablet, dan kapsul. Perempuan yang sedang hamil sebaiknya menyesuaikan dosis sesuai dengan anjuran dokter. Perempuan yang sedang menyusui tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi obat ini. Namun jika benar-benar harus mengonsumsinya, Anda baru bisa kembali menyusui anak setidaknya dua hari setelah mengonsumsi dosis Azithromycin terakhir.

Dosis Azithromycin untuk anak-anak sebaiknya tanyakan langsung ke dokter. Hati-hati dalam mengonsumsi Azithromycin jika Anda menderita gangguan otot atau myasthenia gravis, masalah pada organ hati, masalah pada ginjal, serta kelainan detak jantung. Temui dokter jika mengalami overdosis ataupun alergi usai mengonsumsi Azithromycin. Mengenai dosis Azithromycin, berikut akan kami uraikan.

- Untuk klamidia, dosisnya adalah 1 gram sekaligus atau 1 kali dosis saja.
- Untuk infeksi bakteri lain, dosisnya 500 sampai 2000 miligram per hari tergantung dari jenis infeksi. Selanjutnya dosis mungkin akan dikurangi oleh dokter menjadi 250 sampai 500 miligram per hari.

Dosis Azithromycin untuk anak-anak akan disesuaikan dokter dengan berat badan. Konsumsi Azithromycin dengan benar dan ikuti anjuran dokter serta biasakan untuk membaca informasi pada kemasannya. Azithromycin, antibiotik makrolida untuk infeksi karena bakteri yang berbentuk kapsul baik dikonsumsi sejam sebelum makan atau dua jam usai makan. Untuk Azithromycin yang berbentuk cair dan tablet bisa dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.

Beri jarak yang cukup antar dosis dengan dosis selanjutnya. Upayakan untuk mengonsumsi Azithromycin di jam yang sama setiap hari guna memaksimalkan efek obat. Jika mengonsumsi antasida, beri jarak waktu setidaknya dua jam dari mengonsumsi Azithromycin karena antasida bisa mengganggu penyerapan obat ini. Habiskan seluruh dosis yang telah diberikan dokter meski kondisi tampak sudah membaik dari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar infeksi tidak datang lagi.

Ketahui efek samping serta bahaya dari penggunaan Azithromycin seperti diare, sakit kepala, sakit perut, mual, serta nafsu makan berkurang. Hubungi dokter segera, jika ada alergi atau efek samping berkepanjangan.

By Hendi Nuraen - Obat Kimia Selasa, 13 September 2016 11:33:33

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Captopril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin

Berikut adalah penjelasan tentang Captopril…

Obat Kimia
Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri

Sanmol Obat Penurun Demam dan…

Obat Kimia
Dimethicone Obat Untuk Melindungi Kulit

Dimethicone Obat Untuk Melindungi Kulit…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top