Tanya Herbal

Anemia Defisiensi Besi Banyak Terjadi di Indonesia

Ada berbagai macam jenis anemia. Salah satunya adalah anemia defisiensi besi yang merupakan kondisi kekurangan nutrisi zat besi sehingga jumlah sel darah merah mengalami penurunan. Anemia terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah sehat. Dan saat ini anemia defisiensi besi banyak terjadi di Indonesia, oleh sebab itu alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana anemia defisiensi besi tersebut berlangsung.


Zat besi dibutuhkan dalam tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin dalam sel darah merah diperlukan tubuh untuk mengangkut dan mengikat oksigen ke seluruh organ dari paru-paru. Tidak hanya itu, zat besi juga berperan untuk membuang karbondioksida dari sel-sel tubuh dalam paru-paru. Jika dalam tubuh kekurangan sel darah merah, maka penyebaran oksigen serta pembuangan karbondioksida otomatis terganggu.

Anemia defisiensi besi umumnya terjadi pada orang di segala usia namun penderita perempuan cenderung lebih banyak dibandingkan laki-laki. Kasus anemia sebagian besar terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia dan anemia defisiensi besi merupakan jenis anemia yang paling umum terjadi.  Berikut akan kami uraikan penyebab anemia. Dengan mengetahui penyebabnya, kami harap Anda akan lebih menjaga kesehatan dan melakukan upaya preventif sebelum anemia menyerang.

  • Gizi buruk atau malanutrisi. Ini adalah penyebab anemia nomor satu di tanah air. Asupan zat besi orang Indonesia dirasa kurang karena asupan ini bersumber dari nutrisi hewani. Hal tersebut dikarenakan orang Indonesia lebih banyak makan nasi, padahal daging juga perlu dikonsumsi karena mengandung zat besi tinggi.
  • Kebiasaan minum teh atau kopi. Kebiasaan yang satu ini memiliki pengaruh kuat terhadap tingginya tingkat pengidap anemia di Indonesia. Baik teh maupun kopi memiliki zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.
  • Menderita talasemia. Indonesia termasuk negara dengan penderita talasemia tinggi. Talasemia merupakan penyakit genetik yang membuat penderitanya mengalami kekurangan sel darah merah dan hemoglobin. Hal tersebut menyebabkan terjadinya anemia.
  • Mengonsumsi obat-obatan antasida. Banyak orang mengonsumsi obat antasida karena memiliki penyakit asam lambung atau maag. Jika antasida dikonsumsi sebelum makan, maka produksi asam lambung akan berkurang. Namun hal tersebut berdampak pada turunnya kemampuan daya serap zat besi.
  • Perempuan yang sedang haid. Hal tersebut terjadi karena darah banyak yang terbuang dan inilah yang menjadikan perempuan memiliki anemia.
  • Perempuan yang sedang hamil. Di masa kehamilan, kebutuhan zat besi pada perempuan akan meningkat karena janin dalam kandungannya ikut menyerap vitamin dan zat besi supaya bisa tumbuh dengan normal.

Gejala yang muncul akibat anemia defisiensi besi diantaranya adalah mudah lelah, muka pucat, sesak nafas, kurang bergairah, mudah tersinggung, kaki dan tangan terasa dingin, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, lidah membengkak, dan adanya sensasi kesemutan pada kaki.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 13 September 2016 11:04:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mencegah Chlamydia

Berikut ini kami akan memberikan…

Kesehatan
Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)…

Kesehatan
Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit

Bahaya dan efek samping tinta…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top