Tanya Herbal

Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh

Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh Untuk Mengendalikan Penyakit Atau Rasa Sakit Amputasi merupakan prosedur pemotongan bagian tubuh untuk mengendalikan penyakit atau rasa sakit yang menyerang pada bagian tubuh tertentu.

Bagian tubuh yang dipotong diantaranya adalah lengan, kaki, atau jari. Prosedur pemotongan ini bisa dilakukan terencana ataupun secara darurat.  Pada amputasi terencana biasanya dilakukan setelah pasien maupun dokter mempertimbangkan berbagai macam faktor.  Sedangkan amputasi darurat dibutuhkan ketika pasien mengalami kecelakaan parah sehingga perlu penanganan sesegera mungkin. Amputasi biasanya dijadikan sebagai pilihan terakhir yang dianjurkan dokter.



Beberapa pertimbangan khusus dalam pengambilan keputusan Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh diantaranya adalah ditemukan kanker pada bagian tubuh tersebut seperti jaringan otot atau tulang, muncul jaringan kulit mati, infeksi parah yang tidak kunjung membaik seperti luka kaki pada penderita diabetes, cedera berat misal luka bakar yang parah, luka karena gigitan hewan, atau luka karena ledakan, rasa sakit luar biasa yang berlangsung terus menerus dan cacat parah sampai tidak bisa berfungsi, dan radang dingin.

Sebelum dilakukan operasi amputasi, dokter akan memeriksa kondisi pasien untuk menentukan proses amputasi apa yang akan dijalani.  Berikut metode-metode pemeriksaan yang dianjurkan:

-Uji kesehatan dengan memeriksa kondisi fisik, jantung, fungsi ginjal, kecukupan gizi, dan fungsi sistem pernafasan.

-Evaluasi kondisi kejiwaan apakah pasien mampu menerima dampak emosional atau piskologis dari amputasi yang dijalani. Jika perlu, dokter menganjurkan pasien untuk menjalani psikoterapi usai amputasi.

-Pemeriksaan fungsi dan kondisi tungkai yang akan dipotong.  Misal mengecek denyut nadi serta tingkat sensitivitas kulit di bagian yang akan diamputasi. Proses tersebut akan membantu dokter dalam memastikan seberapa banyak jaringan yang harus diangkat atau bagian yang harus dipotong, sekaligus mengurangi risiko komplikasi dan amputasi lain yang akan terjadi di masa mendatang.

-Dokter juga mungkin akan menanyakan mengenai kondisi keluarga dan lingkungan. Faktor tersebut akan memberi dampak pada kehidupan pasien selama masa pemulihan.


Jika pasien pasca amputasi memutuskan untuk memakai tungkai palsu atau prosthesis, dokter akan membantu mengenai jenis apa yang sesuai untuk kebutuhan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi kesehatan menyeluruh, jenis amputasi yang dijalani, kekuatan otot pada tungkai yang tersisa, fungsi serta bentuk tungkai palsu yang dibutuhkan pasien.

Dalam operasi amputasi, dokter akan memotong bagian yang memerlukan untuk diamputasi dan mengangkat jaringan yang rusak. Amputasi dilakukan ketika pasien di bawah pengaruh obat bius. Selanjutnya, proses penyembuhan luka akan dipantau dokter untuk mencegah komplikasi. Amputasi yang direncanakan mempunyai risiko komplikasi lebih rendah jika dibandingkan amputasi darurat. Atau Anda bisa konsultasi Ke Tanya Herbal

Demikianlah sekilas informasi mengenai Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat Bagi Anda.


By Vicky Moch Firdaus - Kesehatan Sabtu, 10 September 2016 09:46:49

Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Beberapa pertimbangan khusus dalam pengambilan keputusan Amputasi Operasi Pemotongan Bagian Tubuh diantaranya adalah ditemukan kanker pada bagian tubuh
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Manfaat Jamur Langzhi

Manfaat jamur lingzhi sebagai ramuan…

Kesehatan
Cara Mencegah Diare

Mencegah diare pada dasarnya tergantung…

Kesehatan
Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top