Tanya Herbal

Antihistamin, Obat Untuk Mengatasi Alergi

Antihistamin merupakan obat maupun komponen obat yang berguna untuk mengatasi alergi. Cara kerja antihistamin adalah dengan menghalangi kinerja zat histamin. Antihistamin obat untuk mengatasi alergi yang dipakai untuk mengobati alergi musiman, rhinitis, alergi karena serangan serangga, urtikaria atau biduran, pruritus dengan gejala gatal, alergi mata, serta alergi makanan.



Tidak hanya itu, antihistamin pun bisa dipakai sebagai obat untuk mengatasi anafilatik atau reaksi alergi yang tergolong mematikan. Antihistamin juga biasa dipakai untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang diakibatkan karena mabuk kendaraan.

Antihistamin, Obat Untuk Mengatasi Alergi

Cara kerja antihistamin adalah dengan memblokir zat histamin yang diproduksi tubuh. Zat histamin sebenarnya memiliki fungsi dalam melawan atau sebagai antibakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Namun kinerja histamin akan kacau pada orang yang mengalami alergi karena zat kimia tersebut tidak mampu membedakan objek berbahaya dan objek yang tidak berbahaya bagi tubuh seperti binatang, debu, ataupun makanan. Hasilnya, tubuh akan mengalami peradangan maupun reaksi alergi saat objek tidak berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh.

Terdapat dua jenis antihistamin yakni antihistamin generasi pertama dan antihistamin generasi kedua. Antihistamin generasi pertama merupakan obat yang menyebabkan rasa kantuk usai diminum, sedangkan generasi kedua tidak begitu menimbulkan rasa kantuk. Contoh obat antihistamin generasi pertama diantaranya adalah promethazine, alimemazine, chlorphenamine, clemastine, cyproheptadine, hydroxyzine, dan ketotifen. Sedangkan contoh obat antihistamin generasi kedua adalah fexofenadine, loratadine, mizolastine, cetirizine, levocetirizine, desloratadine, dan acrivastine.

Obat yang berjenis antialergi ini bisa dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa. Bentuk obat yang tersedia diantaranya adalah cairan yang dihirup, tablet, krim atau gel, dan kapsul. Namun tetap penggunaannya harus setelah Anda konsultasi kesehatan kepada. Untuk perempuan hamil dan perempuan yang sedang menyusui, sesuaikan dosis obat ini sesuai dengan anjuran dokter. Untuk anak-anak, penggunaan setiap jenis obat akan berbeda-beda dan disesuaikan dengan usia masing-masing anak.

Hati-hati untuk penderita gangguan hati, gangguan ginjal, obstruksi usus, tukak lambung, pembengkakan prostat, infeksi saluran kemih, dan glaukoma. Jika diresepkan obat antihistamin golongan pertama, jangan mengonsumsi minuman beralkohol karena bisa memperparah rasa kantuk. Dosis antihistamin akan berbeda-beda dan disesuaikan berdasarkan nama-nama obatnya.

Sama halnya dengan obat-obatan lain, antihistamin memiliki potensi menyebabkan efek samping usai dikonsumsi. Efek samping antihistamin diantaranya adalah pusing, mengantuk, disfagia atau mulut kering, sakit kepala, mudah marah, sulit buang air kecil, nyeri perut, dan penglihatan kabur.

By Rahman Amaruloh - Obat Kimia Jum'at, 09 September 2016 14:20:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi

Candesartan Obat Untuk Mengobati Hipertensi…

Obat Kimia
Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan Dahak

Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan…

Obat Kimia
Ethambutol Obat Untuk Mengobati Tuberkulosis

Ethambutol adalah obat yang biasa…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top