Tanya Herbal

Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental

Postingan tanya herbal kali ini akan menjelaskan tentang Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental yaitu cholorpromazine. Chlorpromazine merupakan obat yang tergolong antipsikotik fenotiazina yang digunakan untuk mengatasi beberapa kasus gangguan mental seperti skizofrenia serta gangguan piskosis lain, kegelisahan dan kecemasan yang parah, perilaku agresif, dan autisme pada anak-anak. Chlorpromazine bekerja dengan menstabilkan senyawa alami pada otak. Tidak hanya itu, chlorpromazine juga bisa dipakai untuk mengatasi muntah dan mual pada penderita penyakit serius dan meredakan cegukan yang tidak kunjung sembuh. Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental yang cukup efekitf dan sering digunakan pada pengan kesehatan yang berhubungan dengan otak.

Obat yang berbentuk obat suntik dan tablet ini bisa dikonsumsi anak-anak yang berusia satu tahun ke atas dan orang dewasa. Chlorpromazine tersedia dalam berbagai merk dan penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Untuk perempuan hamil baiknya menghindari penggunaan chlorpromazine karena bisa memperlama proses bersalin serta berpotensi memicu gejala putus obat. Sedangkan untuk perempuan menyusui mutlak tidak bisa menggunakannya.

Harap hati-hati dalam mengonsumsi obat ini untuk orang lanjut usia, menderita gangguan jantung, memiliki masalah pada pembuluh darah, gangguan ginjal, gangguan pernafasan, gangguan hati, glaukoma, diabetes, gangguan prostat, myasthenia gravis, depresi, epilepsi, penyakit Parkinson, sakit kuning, tumor pada kelenjar adrenal, dan mengidap kejang. Tidak dianjurkan menghentikan dengan tiba-tiba konsumsi chlorpromazine tanpa konsultasi dulu dengan dokter.

Bagi yang mengidap diabetes, sebaiknya lebih sering mengecek kadar gula darahnya selama mengonsumsi chlorpromazine (Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental). Selama menggunakan obat ini, beri tahu pihak medis dan dokter sebelum melakukan pengobatan medis apapun. Hal tersebut dikarenakan chlorpromazine bisa mempengaruhi efek obat bius. Hindari konsumsi minuman keras, konsumsi antasida, dan merokok selama menggunakan chlorpromazine. Juga, hindari mengoperasikan alat berat dan tidak mengemudi karena usai meminum obat ini biasanya akan merasakan kantuk.

Dosis chlorpromazine pada setiap pasien akan berbeda-beda, tergantung dari usia pasien, jenis kondisi yang ditangani, dan respon tubuh terhadap obat. Berikut kami jelaskan dosisnya sesuai dengan kondisi yang dialami.

  • Untuk gangguan mental seperti gangguan psikosis, skizofrenia, kecemasan, dan perilaku agresif, dosis awal adalah 75 miligram per hari. Dosis selanjutnya adalah 300 sampai 1000 miligram per hari.
  • Untuk cegukan yang tidak kunjung sembuh, dosisnya 75 sampai 200 miligram per hari.
  • Untuk mual dan muntah pada penyakit serius, dosisnya 40 sampai 150 miligram per hari.
  • Dosis tersebut diminum sekali atau bisa juga dibagi lagi menjadi beberapa kali dalam sehari. Untuk anak-anak, faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan dosis adalah berat badan.

Beberapa efek samping chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental yang mungkin akan Anda rasakan diantaranya adalah mulut kering, sakit kepala atau pusing, mengantuk, mual, pandangan kabur, gemetaran, sulit tidur, gelisah, perubahan berat badan, penurunan gairah seks, perubahan emosional, sulit buang air kecil, payudara yang membesar, detak jantung cepat, gangguan menstruasi, dan konstipasi. Hubungi dokter jika usai mengonsumsi chlorpromazine, Anda mengalami efek samping seperti linglung, demam, berkeringat, dan otot yang kaku. Gejala tersebut menandakan Anda terkena sindrom neuroleptic maligna.  Anda harus bijak jika mengkonsumsi ini sebab cukup banyak efek sampingnya, lebih baik mengkonsumsi sesuai resep yang diberikan dokter.


Artikel terkait :


By Irman Firmansyah - Obat Kimia Kamis, 08 September 2016 14:39:49

Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental ini cukup efektip dan sering digunakan dalam pengobatan masalah mental
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri

Sanmol Obat Penurun Demam dan…

Obat Kimia
Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan Dahak

Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan…

Obat Kimia
Dopamine, Obat Jantung dan Gagal Ginjal

Dosis dopamine untuk setiap pasien…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top