Tanya Herbal

Bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi

Bronkiolitis merupakan infeksi pada saluranper nafasan yang menyebabkan terjadinya penyumbatan dan radang dalam bronkiolus maupun saluran pernafasan kecil dalam paru paru.

Kondisi tersebut biasanya dialami bayi dan anak - anak usia dua tahun ke bawah. Mulanya, anak yang mengidap bronkiolitis bakal tampak seperti sedang saki tpilek biasa dengan gejalanya berupa hidung meler dan batu kringan.

Tetapi beberapa hari kemudian biasanya gejala akan berkembang menja di batuk kering di sertai demam dan menggigil.  Tidak hanya itu, anak juga bisa jadi susah makan.  Kasus bronkiolitis kebanyakan tergolong hanya kasus ringan.



Gejala bronkiolitis akan mereda kurang dari tiga minggu tanpa di butuhkan pengobatan. Namun meski demikian, ada pula kasus bronkiolitis yang menimbulkan gejala cukup serius. Oleh karenaitu, orang tua tetap harus mewaspadainya.

Jika anak Anda mengalami demam tinggi, rewel, tampak kelelahan, serta sesak nafas, segera bawa kedokter.

Jika sesak nafasnya semakin parah sampai membuat kulit tampak pucat, tubuh berkeringat, dan bibir serta lidah berwarna membiru, segera bawa anak kerumah sakit karena anak pasti memerlukan penanganan serius.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab bronkiolitis? Penyakit yang satuini bisadi sebabkan  karena virus termasuk virus pilek dan virus flu.

Tetapi jenis virus yang sering menyebabkan kondisi ini adalah RSV atau respiratory syncytial virus. Umumnya anak - anak tertular virus ini saat sedang berada di dekat penderita dan mereka terpapar karena percikan air liur ketika penderita lain batuk atau bersin.

Penularan juga dapat terjadi lewat perantara seperti mainan. Saat barang - barang yang telah terkontaminasi virus di pegang oleh anak kemudian tangan mereka menyentuh hidung ataupun mulut, maka kemungkinan besar virus akan masuk kedalam tubuh anak. Penularan pun terjadi.

Namun ada beberapa kondisi yang membuat risiko anak terkena bronkiolitis meningkat.

Diantaranya adalah lahir prematur, mempunyai kekebalan tubuh yang rendah, tinggal di lingkungan padat, berusia kurang dari tiga bulan, tidak mendapat ASI, sering kontak dengan anak - anak lain, sering terpapar asap kendaraan dan asa prokok, serta mempunyai penyakit jantung ataupun paru - paru.

Bronkiolitis biasanya mudah terdeteksi oleh dokter dengan melihat gejala yang dialami anak seperti demam, batuk, dan pilek.

Tidak hanyaitu, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat kondisi sistem pernafasan anak yang dapat di dengar lewat stetoskop.

Pemeriksaan bisa juga dengan tes darah, tes urine, dan pemeriksaan lendir. Diagnosis bronkiolitis penting di lakukan agar dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat.

Nah, demikian informasi kesehatan tentang bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda. dan apabila anda ingin menanyakan informasi seputar kesehatan yang berkaitan dengan artikel ini bisa anda tanyakan langsung di tanya herbal. anda bertanya kami jawab.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 07 September 2016 14:48:27

Bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut ini informasi yang akan saya bahan kali ini tentang Bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi yang mungkin bermanfaat bagi anda.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Cara Melindungi Anak Dari Infeksi Virus Herpes

Waspadai saat Anda melihat ada…

Kesehatan
Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka…

Kesehatan
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top