Tanya Herbal

Clarithromycin, Antibiotik Untuk Mengatasi Infeksi

Clarithromycin adalah antibiotik yang tergolong macrolide dan dikonsumsi untuk mengatasi infeksi bakteri pada bagian tubuh tertentu seperti infeksi kulit, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan. Clarithromycin ampuh dalam mencegah dan menangani infeksi dari kelompok bakteri Mycobacterium avium complex. Namun obat clarithromycin antibiotik untuk mengatasi infeksi ini tidak bisa dipakai untuk mengobati infeksi yang diakibatkan virus seperti flu atau pilek.


Cara clarithromycin mengatasin infeksi adalah dengan menghentikan perkembangbiakan bakteri. Clarithromycin boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap penisilin serta dikonsumsi bersamaan dengan obat lainnya dalam mengatasi radang lambung maupun usus karena bakteri Helicobacter pylori. Obat ini bisa dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun hanya bisa didapatkan lewat resep dokter.

Obat yang berjenis antibiotik macrolide ini berbentuk cair dan tablet. Untuk perempuan yang sedang hamil, sedang menjalankan program kehamilan, maupun sedang menyusui baiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum menjalani pengobatan dengan clarithromycin. Harap hati-hati dalam mengonsumsi obat ini jika memiliki gangguan ritme jantung, gangguan fungsi hati, gangguan ginjal, serta myasthenia gravis atau gangguan otot. Konsultasikan pula dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat lain karena clarithromycin bisa menghambat efektivitas vaksin seperti vaksin tifoid yang diberikan oral.

Dosis clarithromycin secara umum untuk pasien anak-anak di atas usia 12 tahun maupun pasien dewasa adalah 500 miligram dalam sehari, dibagi menjadi dua kali konsumsi. Sedangkan dosis untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Konsumsi obat ini dengan benar. Biasakan untuk membaca petunjuk yang ada pada kemasan obat clarithromycin dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsinya. Tidak dianjurkan untuk mengurangi maupun menambahkan dosis tanpa adanya izin dari dokter. clarithromycin bisa dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan. Umumnya waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi clarithromycin adalah di pagi dan di sore hari. Namun untuk obat yang berbentuk tablet harus dikonsumsi usai makan. Dilarang mengunyah ataupun memecah tablet karena akan merubah pelepasan kandungan obat.

Tingkat keparahan serta jenis infeksi akan mempengaruhi durasi minum. clarithromycin umumnya diberikan selama satu sampai dengan dua minggu. Pastikan Anda menuntaskan dosis obat yang diberikan dokter meski infeksi telah sembuh. Hal tersebut dilakukan supaya infeksi tidak datang kembali.

Beberapa efek samping usai mengonsumsi clarithromycin diantaranya adalah mual dan muntah, diare, sakit kepala, perut terasa sakit serta tidak nyaman, gangguan pada indera pengecap, serta mulut perih. Selain itu, ada pula efek samping yang terbilang jarang terjadi diantaranya adalah demam, suara serak, batuk, sulit buang air kecil, serta nyeri pada punggung di bagian belakang. Hubungi dokter segera jika Anda mengalami efek samping seperti perubahan mood, gangguan penglihatan, kehilangan pendengaran, sakit perut parah, urin berwarna gelap, detak jantung tidak teratur, serta mata dan kulit berwarna kuning.

By Hanif Maulana - Obat Kimia Rabu, 07 September 2016 14:03:22

Clarithromycin, Antibiotik Untuk Mengatasi Infeksi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Clarithromycin obat yang bisa mencegah sekaligus mengatasi berbagai jenis penyakit infeksi bakteri seperti infeksi kulit, infeksi telinga dan infeksi saluran pernafasan.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Paramex Obat Sakit Kepala Yang Ampuh

Berikut ini informasi terupdate pagi…

Obat Kimia
Asam Traneksamat Obat Untuk Menghentikan Pendarahan

Hentikan pendarahan yang sedang anda…

Obat Kimia
Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan Jaringan Otak

Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top