Tanya Herbal

Berikut Jenis-jenis Biang Keringat Yang Perlu Anda Ketahui!

Biang keringat merupakan ruam kecil menonjol dan berwarna merah yang terasa gatal, kadang-kadang perih dan menyebabkan sensasi menyengat di bagian kulit. Biang keringat dikenal pula dengan nama miliaria atau ruam panas yang tidak hanya terjadi pada kulit bayi, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa saat cuaca sedang panas maupun ketika lingkungan bersuhu lembab.

Biang keringat umumnya muncul setelah Anda terkena paparan suhu panas. Biasanya muncul di kulit wajah, punggung, leher, paha, maupun dada. Gejala apa yang bisa ditimbulkan karena biang keringat? Ada perbedaan mengenai lokasi munculnya ruam pada bayi dan orang dewasa. Pada bayi, ruam karena biang keringat lebih sering muncul di leher, selangkangan, lipatan siku, maupun ketiak. Sedangkan pada orang dewasa, biang keringat muncul pada lipatan kulit yang sering mengalami gesekan dengan pakaian.

Berikut Jenis-jenis Biang Keringat Yang Perlu Anda Ketahui!


Berikut jenis-jenis biang keringat yang perlu anda ketahui yang disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

1.Miliaria Kristalina

Biang keringat jenis ini adalah yang paling ringan dan hanya mempengaruhi saluran keringat di lapisan kulit paling atas. Gejalanya berupa munculnya bintil berisi cairan berwarna jernih dan mudah pecah. Kondisi tersebut sering terjadi pada bayi dibandingkan pada orang dewasa. Biang keringat jenis ini umumnya tidak terasa sakit dan tidak terasa gatal.

2.Miliaria Rubra

Biang keringat ini muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam dan umumnya terjadi pada orang yang tinggal di area dengan suhu lembap atau panas. Gejala biang keringat jenis ini adalah adanya rasa gatal dan sensasi menyengat serta timbulnya bintil berwarna merah. Keringat akan berkurang di bagian yang terpengaruh. Kulit bakal mengalami peradangan karena keringat tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

3.Miliaria pustulosa

Biang keringat ini merupakan perkembangan dari biang keringat jenis miliaria rubra dimana bintil mengalami peradangan dan berisi nanah.

4.Miliaria profunda

Biang keringat ini adalah biang keringat yang paling jarang terjadi. Dampaknya ada pada lapisan kulit lebih dalam atau dermis. Biang keringat ini bersifat kronis serta sering kambuh. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada orang dewasa usai melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan keringat banyak. Tanda-tanda miliaria profunda adalah adanya bintil merah berukuran besar dengan tekstur lebih keras.

Umumnya biang keringat adalah kondisi yang tidak memerlukan penanganan medis. Namun sebaiknya segera temui dokter jika Anda mendapati biang keringat disertai gejala seperti rasa sakit makin bertambah, demam dan menggigil, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan dan ketiak, serta keluarnya nanah dari benjolan ruam atau bintil.

Itulah Jenis jenis biang keringan yang perlu anda ketahui, adapun jika anda ingin mencari solusi obat herbal untuk mengatasinya atau ingin sekedar bertanya mengenai cara penanganan yang tepat untuk biang keringat anda dapat berkonsultasi pada kami.

Silahkan klik tombol tambah pertanyaan jika anda memiliki pertanyaan. 

Semoga bermanfaat.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 07 September 2016 13:22:55

Berikut Jenis-jenis Biang Keringat Yang Perlu Anda Ketahui!
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selama ini kita kenal bahwa biang keringat hanya itu itu saja, namun ternyata ada jenis nya yuk simak artikkel Berikut Jenis-jenis Biang Keringat Yang Perlu Anda Ketahui!
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih

Cystitis atau Peradangan Pada Kandung…

Kesehatan
Manfaat Buah Bisbul

Berikut ini informasi yang akan…

Kesehatan
Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur

Tahukan anda bahwa ada beberapa…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top