Tanya Herbal

Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan perkembangan dalam aktivitas motorik. Belum diketahui dengan pasti mengenai penyebab ADHD. Namun sejumlah penelitian menunjukkan risiko seseorang dalam mengalami kondisi ini adalah kombinasi dari berbagai faktor.


Faktor Penyebab ADHD

Berikut kami berikan rangkuman mengenai penyebab ADHD secara umum, yaitu :

  • Faktor genetik atau keturunan.  Jika mempunyai ayah, ibu, atau saudara yang memiliki kondisi yang sama, anak yang dilahirkan cenderung akan serupa meski tidak semua.
  • Kelainan pada fungsi dan struktur otak.
  • Kelahiran prematur.
  • Adanya kerusakan otak dalam kandungan ketika berusia dini.
  • Ibu yang terpapar racun lingkungan sekitar seperti senyawa polychlorinated biphenyl atau PCB.
  • Ibu yang memakai obat-obat terlarang, sering merokok, dan mengonsumsi minuman kerasa semasa kehamilan.

Perlu Anda ketahui mengenai ADHD, tidak semua anak yang sulit dalam konsentrasi serta hiperaktif pasti menderita ADHD. Meski terkadang mereka seperti tidak mendengarkan pembicaraan, perhatian cenderung mudah teralihkan, dan berperilaku impulsive, namun seseorang tersebut belum tentu mengidap ADHD.

Oleh karena itu, diperlukan diagnosis ADHD yang memerlukan kerjasama berbagai pihak serta dilakukan pemeriksaan fisik dan psikologis dari dokter anak dan psikiater. Tidak hanya itu, pihak keluarga dan pihak sekolah juga adabaiknya terlibat dalam proses ini. Proses diagnosis ADHD pada orang dewasa terbilang lebih sulit. Diagnosis hanya bisa dipastikan jika sudah memiliki gejala ADHD sejak kecil. Dokter dan psikiater juga melibatkan keluarga terutama orang  tua untuk menanyakan perilaku pasien ketika masih anak-anak.

ADHD memang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, tetapi ada beberapa obat dan terapi untuk meringankan gejala sehingga penderita bisa menikmati hidup normal dan berkualitas. Meski begitu, tak ada jalan pintas dalam menangani ADHD. Perlu komitmen, emosi, waktu, dan finansial untuk menemukan metode penanganan ADHD yang cocok untuk Anda atau untuk anak Anda.

Cara Penanganan Gejala ADHD

Ada empat jenis obat yang digunakan untuk menangani gejala ADHD yakni atomoxetine, dexamfetamine, methylphenidate, dan lisdezamfetamine. Obat-obatan tersebut berguna untuk memicu peningkatan aktivitas otak khususnya pada bagian otak yang mengendalikan perilaku dan kemampuan dalam berkonsentrasi. Efek obat tersebut akan membuat penderita kurang impulsive, lebih tenang, dan bias fokus.

Sementara penanganan ADHD dengan terapi diantaranya adalah terapi perilaku kognitif, terapi psikologi, pelatihan interaksi sosial, terapi perilaku, dan program pengajaran dan pelatihan untuk orang tua dalam menghadapi anak dengan ADHD.

ADHD memang tak bisa disembuhkan, namun penanganan serta diagnosis lebih dini bisa membantu penderita untuk beradaptasi dengan kondisi dirinya dan lingkungan.

By Nandang Rohimat - Kesehatan Selasa, 06 September 2016 10:11:37

Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan perkembangan dalam aktivitas motorik.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Gejala Demam Berdarah

Ini dia beberapa Gejala Demam…

Kesehatan
Manfaat Sirih Hijau

Manfaat sirih hijau untuk mengobati…

Kesehatan
Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Untuk anak dengan gejala demam…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top