Tanya Herbal

Manfaat Dari Bahan-bahan Sayur Asem

Sayur asem adalah lauk pauk yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Sayur asem di beberapa daerah di Pulau Jawa mempunyai bahan-bahan yang berbeda. Namun komposisi sayur asem secara umum yakni asem, jagung, dan kacang. Lalu apa manfaat dari bahan-bahan sayur asem untuk kesehatan? Berikut kami urai berdasarkan komposisi dalam sayur asem.


Asam jawa, kacang tanah, labu siam, kacang panjang, nangka muda, jagung manis dan melinjo adalah bahan-bahan umum yang dijadikan komposisi sayur asem. Jika dilihat dari komposisinya, sayur ini terbilang kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut kandungan gizi serta manfaat yang bisa diperoleh dari bahan utama yang dipakai dalam pembuatan sayur asem.

1. Asam jawa
Komponen utama dalam membuat sayur asem adalah asam jawa. Manfaat asam jawa untuk kesehatan diantaranya adalah mengobati batuk kering, mengobati radang tenggorokan, mengatasi keputihan, mengobati penyakit darah rendah, mengobati campak, dan menambah stamina serta daya tahan tubuh.

2. Kacang panjang
Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang panjang bagus untuk melancarkan pencernaan. Manfaat kacang panjang diantaranya adalah untuk mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan lain, mengendalikan kadar gula dalam darah, mengikat lemak tubuh, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Labu siam
Umbi-umbian yang memiliki nutrisi tinggi ini mempunyai kandungan karbohidrat yang banyak sehingga bisa menggantikan nasi. Manfaat labu siam lainnya adalah untuk mencegah kanker, memperlancar proses pencernaan, mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, menjaga daya tahan tubuh, mencegah hipertensi, memberikan energi tambahan untuk tubuh, dan menurunkan kandungan kolesterol.

4. Melinjo
Salah satu ikon dari sayur asem adalah adanya melinjo atau daun melinjo di dalamnya. Selain untuk mempercantik tampilan sayur asem, melinjo juga kaya akan manfaat. Diantaranya adalah anti oksidan, menekan penumpukan lemak, menangkal radikal bebas, mengontrol kadar gula dalam darah, menghambat pertumbuhan bakteri, menjadi obat untuk penyakit yang disebabkan infeksi karena bakteri, serta kandungan serat yang tinggi dalam melinjo baik untuk pencernaan.

5. Jagung manis
Sayur asem akan kurang lengkap rasanya tanpa tambahan jagung manis. Beberapa manfaat jagung manis untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai sumber karbohidrat dan sumber kalori, juga untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memperlancar pencernaan.

Itulah bahan-bahan yang biasa dijadikan komposisi dalam sayur asem. Komposisi tersebut umumnya ditambah dengan racikan bumbu seperti gula, garam, dan bawang merah. Anda yang ingin menjaga agar berat badan tetap ideal, sayur asem bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehari-hari.

By Ari Hermansyah - Makanan Selasa, 06 September 2016 07:31:01

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    1 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya

Manfaat Keji Beling dan Cara…

Makanan
10 Manfaat Apel Untuk Kesehatan

10 Manfaat Apel Untuk Kesehatan…

Makanan
Manfaat Toge Untuk Kesuburan Reproduksi

Info yang wajib di simak…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top