Tanya Herbal

7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Asparagus adalah tanaman yang masih satu keluarga dengan lili. Dulu, orang Eropa mengenal asparagus sebagai sayuran untuk meningkatkan gairah seksual. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik dan sangat diperlukan oleh tubuh. Asparagus mengandung vitamin C, vitamin E, antiinflamasi, asam folat, vitamin K, asam amino, dan lain-lain. Lalu apa manfaat asparagus untuk kesehatan? Berikut ini kami akan uraikan.


1. Menjaga Aliran Darah Tetap Normal

Kandungan yang terdapat dalam asparagus memiliki manfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal. Menurut seorang ahli nutrisi dari San Diego, asparagus merupakan sayuran yang mengandung vitamin K yang melimpah dan dapat membantu peredaran darah tetap lancar.

2. Untuk Kesehatan Jantung

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Asparagus bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin B yang terkandung dalam Asparagus memiliki fungsi untuk mengatur kadar asam amino homocystein dalam darah, agar seimbang. Jika asam amino tersebut terlalu tinggi, maka efeknya risiko penyakit jantung akan meningkat. Jika terlalu rendah, maka tidak baik pula untuk kesehatan. Asam amino asparagine yang terdapat dalam asparagus juga membantu tubuh dalam mengeluarkan garam berlebih. Sedangkan serat di dalamnya, membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Untuk Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Bagi anda yang mempunyai kadar gula darah tinggi, Asparagus baik untuk rutin dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan asparagus memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Namun untuk Anda yang mempunyai kadar gula darah yang rendah dan menderita diabetes, hati-hati dalam mengonsumsinya.

4. Untuk Mencegah Penuaan Dini

Di dalam asparagus terkandung asam folat yang bisa menjadi penghambat proses penuaan pada tubuh. Asam folat dalam asparagus mampu melambatkan proses penurunan fungsi kognitif, juga dapat menjaga keadaan agar tetap responsif pada kondisi mental orang tua.

5. Untuk Menyehatkan Kulit

Dalam Asparagus, ada kandungan yang bernama antioksidan glutathione yang dapat membantu menghambat proses penuaan pada kulit seperti kerutan dan munculnya noda. Antioksidan ini juga membantu kulit mencegah dari kerusakan akibat polusi lingkungan dan sinar matahari.

6. Untuk Batu Ginjal

Rutin mengonsumsi Asparagus mampu menghindarkan Anda dari penyakit seperti batu ginjal. Dalam penelitian tahun 2010 dibuktikan bahwa asparagus memiliki unsur yang bertindak sebagai diuretik alami sehingga membantu tubuh mengeluarkan cairan serta garam berlebih. Oleh karena itu, Asparagus sangat cocok dikonsumsi penderita edema dan penderita hipertensi atau darah tinggi.

7. Untuk Ibu Hamil

Asam folat dalam Asparagus membuat sayuran ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para ibu hamil dalam membantu proses pertumbuhan janin.

Itu dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan atau makanan jenis Asparagus, semoga berita kesehatan untuk hari ini banyak memberikan manfaat yang baik untuk anda semua, Terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini, Salam Tanya herbal :)

By Raka Dimas - Makanan Senin, 05 September 2016 08:26:56

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    1 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur

Sering mengonsumsi garam hati hati…

Makanan
5 Manfaat Brokoli Yang Harus Diketahui

Brokoli adalah sebuah sayuran yang…

Makanan
Manfaat Toge Untuk Kesuburan Reproduksi

Info yang wajib di simak…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top