Tanya Herbal

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Buta warna merupakan sebuah kondisi dimana seseorang memiliki kekurangan penglihatan atas warna.Umumnya mata penderita tidak mampu melihat warna seperti orang normal pada umumnya jika memiliki masalah dengan pigmen pada reseptor warna. Penderita buta warna biasanya kesulitan melihat warna hijau, merah, biru, serta campuran warna-warna tersebut. Pada kondisi buta warna total, penderita tidak mampu melihat warna sama sekali. Namun hal tersebut jarang terjadi.  Penyebab Orang Mengalami  Buta Warna kebanyakan disebabkan oleh faktor genetika, tapi bisa juga disebabkan oleh pengaruh luar.

Orang dengan buta warna mungkin hanya mampu melihat beberapa gradasi warna saja. Sedangkan sebagian besar orang bisa melihat sampai ratusan warna. Contohnya, terdapat penderita buta warna tak mampu membedakan warna hijau dan warna merah tetapi bisa dengan mudah melihat warna kuning dan warna biru. Beberapa orang malah tidak menyadari bahwa dirinya mengalami buta warna sampai mereka menjalani tes penglihatan warna. Penyebab Orang Mengalami  Buta Warna akan menjadi judul utama postingan tanya herbal kali ini.

Tipe/Jenis Buta Warna

Ada beberapa tipe buta warna. Yang paling umum adalah buta warna hijau-merah. Laki-laki mempunyai kecenderungan lebih besar memiliki kondisi buta warna tipe ini dibandingkan perempuan. Orang dengan buta warna tipe ini sulit membedakan gradasi warna kuning, merah, sampai hijau.Dalam beberapa kasus, bisa juga tidak mampu membedakan warna hitam dan warna merah.

Tipe buta warna yang jarang terjadi adalah buta warna kuning-biru. Buta warna tipe ini biasanya berhubungan dengan kromoson jenis kelamin. Laki-laki dan perempuan mempunyai peluang sama mengalami tipe butawarna ini. Orang dengan tipe buta warna kuning-biru akan sulit membedakan gradasi warna biru sampai hijau. Warna kuning bisa tampak abu-abu ataupun ungu, sementara warna hijau akan tampak seperti kebiru-biruan.


Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab buta warna? Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita buta warna. Yang paling umum adalah faktor genetika atau faktor turunan dari orang tua. Tetapi ada pula buta warna yang disebabkan karena efeksamping dalam pengobatan atau seseorang tersebut mengalami gangguan kesehatan sebelumnya.

Penyebab Buta Warna

Berikut kami rangkum Penyebab Orang Mengalami  Buta Warna

  1.  Penyakit. Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang menjadi buta warna diantaranya adalah penyakti Alzheimer, penyakit Parkinson, neuritis optic, glaukoma, leukemia, anemia selsabit, diabetes, macular degeneration, atau karena kecanduan alhokol kronis.
  2.  Usia. Seiring bertambah nyausia, kemampuanseseorang dalam membedakan warna perlahan akan berkurang.
  3.  Faktorgenetika. Penderita buta warna kebanyakan terjadi karena faktor turunan dari orang tuanya. Penderita buta warna karena faktor turunan lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkanpadaperempuan.
  4.  Bahankimia. Orang dapat mengalami buta warna jika sering terpapar bahan kimia dan bahan beracun di tempat kerja misalnya pupuk dan karbon disulfida.
  5.  Efek samping obat. Penggunaan obat seperti digoxin, sildenafil, phenytoin, dan chloroquinebisaber potensi menyebabkan butawarna. Jika buta warna dikarenakan pengobatan, pandanganakan normal kembali usai pengonsumsian obat dihentikan.

Itulah beberapa Penyebab Orang Mengalami  Buta Warna, semoga informasinya dapat bermanfaat untuk anda. Silahkan untuk membaca artikel-artikel lainnya.

By Irman Firmansyah - Kesehatan Kamis, 01 September 2016 16:12:08

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna disebabkan oleh beberapa faktor kami akan jelaskan dalam postingan ini selama menyimak
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Anemia Defisiensi Besi Banyak Terjadi di Indonesia

Anemia defisiensi besi banyak terjadi…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Tidak sedikit makanan yang harus…

Kesehatan
Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top