Tanya Herbal

Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi adanya bintil atau bisul seperti jerawat yang tumbuh di tepi kelopak mata. Umumnya bintitan muncul di salah satu mata. Kondisi tersebut memang tidak berdampak buruk terhadap kemampuan penglihatan pengidapnya, namun cukup mengganggu aktivitas karena bintitan terasa perih dan disertai dengan rasa gatal.


Bintitan umumnya terjadi di kelopak mata luar namun terkadang bisa juga tumbuh di bagian dalam kelopak mata. Bintil yang terbentuk di bagian dalam tentu lebih terasa sakit dibandingkan dengan bintil yang tumbuh di luar. Indikasi bintitan gampang terdeteksi dengan adanya benjolan merah mirip dengan bisul di kelopak mata.

Gejala-gejala bintitan yang umum terjadi diantaranya adalah:

- Kelopak mata bengkak dan terasa sakir
- Mata merah dan berair
- Muncul kotoran di sekeliling kelopak mata.

Semua kasus bintitan tidak memerlukan penanganan medis yang khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya termasuk berikut adalah Cara Mengatasi rasa Sakit Ketika Mata Bintitan. Namun risiko komplikasi tetap ada. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan diri ke dokter jika mata Anda terkena bintitan. Terlebih jika menunjukkan tanda-tanda tidak membaik setelah dua hari karena pembengkakan bisa menyebar ke bagian wajah lain seperti pipi.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab bintitan?

- Penyebab bintitan yang utama adalah karena bakteri stafilokokus yang hidup pada kulit tanpa menyebabkan penyakit. Risiko bintitan bakal meningkat jika tangan sering menyentuh mata, terlebih jika tangannya tidak dibersihkan dulu. Bintitan bisa juga bisa disebabkan infeksi misalnya infeksi kelenjar minyak, infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, serta infeksi pada kelenjar keringat.

- Tidak hanya bakteri, peradangan pada kelopak mata pun bisa memicu terjadinya bintitan. Terlebih jika Anda mengidap blefaritis dalam jangka panjang. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena infeksi bakteri maupun komplikasi karena penyakit kulit rosaseae.

- Umumnya bintitan bisa sembuh secara total dalam jangka waktu 7 sampai 20 hari. Bintitan bisa sembuh setelah mengeluarkan nanah. Namun ada pula bintitan yang kempes dengan sendirinya. Namun hindari memencet serta memecahkan benjolan tersebut.

Berikut kami berikan langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala dan ketidaknyamanan akibat mata bintitan.

4 Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

1. Menjaga kebersihan mata. Hindari penggunaan kosmetik seperti eye liner atau mascara untuk sementara sampai bintitan hilang.

2. Kompres menggunakan air hangat. Saat bintitan terasa nyeri, kompres dengan air hangat 3 sampai 5 kali dalam sehari untuk mengurangi rasa sakit sekaligus untuk mempercepat kesembuhan.

3. Hindari dulu menggunakan lensa kontak. Sebaiknya gunakan kacamata terlebih dahulu jika mata Anda minus dan tidak menggunakan lensa kontak sampai bintitan sembuh.

4.Mengonsumsi analgesik. Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau analgesik jika perlu.

Jika bintitan tidak juga sembuh disertai dengan rasa nyeri yang semakin parah, segeralah berobat ke dokter spesialis mata sekaligus konsultasi kesehatan anda agar tidak terjadi komplikasi.

By Irmansyah - Pengobatan Kamis, 01 September 2016 15:39:24

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Pengobatan Diabetes Tipe 1

Pengobatan diabetes tipe 1 yang…

Pengobatan
Cara Mengobati Bronkitis Akut

Bronkhitis adalah penyakit yang sering…

Pengobatan
Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Terkhusus untuk anda yang sedang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top