Tanya Herbal

Cara Mengobati Batu Ginjal Sesuai Ukurannya

Batu ginjal merupakan suatu kondisi dimana terdapat material keras serupa seperti bentuk batu di dalam organ ginjal. Material-material itu bisa muncul dari sisa zat dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal seiring dengan berjalannya waktu. Pengkristalan batu di dalam ginjal ini bisa disebabkan karena faktor makanan atau gangguan kesehatan lainnya. Berdasarkan dari jenis-jenis batu ginjal, ada empat jenis utama diantaranya adalah batu kalsium, batu asam urat, batu sistin dan batu struvit. Perlu anda ketahui sebelum kita memahami tentang cara mengobati batu ginjal sesuai ukurannya sebaiknya kita lebih mengenal dulu tentang gejala batu ginjal.


Lalu apa saja gejala batu ginjal yang umumnya dirasakan penderita? Gejala batu ginjal umumnya tidak begitu dirasakan penderita jika batu tersebut masih ada dalam ginjal. Gejala juga tidak akan begitu terasa jika batu ginjal masih berukuran kecil sehingga dapat keluar dari ginjal lewat ureter, saluran yang menyambungkan  ginjal dengan kantung kemih.

Gejala batu ginjal baru akan terasa ketika ukuran batu sudah besar. Lebih besar dibandingkan dengan diameter saluran ureter sehingga tidak bisa terbuang. Batu yang berukuran besar bisa bergesekan dengan lapisan dinding ureter dan menyebabkan luka serta iritasi. Oleh karena itu, urin bisa mengandung darah. Tidak hanya mengiritasi, batu ginjal pun dapat tersangkut dalam ureter sehingga urin tak mampu keluar dan menumpuk di ginjal.

Gejala umum yang dirasakan ketika batu ginjal sudah besar adalah nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, serta nyeri pada selangkangan. Tidak hanya itu, gejala-gejala batu ginjal lain bisa berupa muntah-muntah, demam, dan menggigil.
Perlu Anda ketahui, penderita batu ginjal relative tinggi di Indonesia. Dalam survey yang dilakukan tahun 2004, jumlah penderita batu ginjal di tanah air mencapat 876 ribu orang. Batu ginjal bisa dibilang menjadi penyakit yang umum diderita orang berusia 30 sampai 60 tahun. Penyakit batu ginjal lebih banyak diderita pria dibandingkan wanita.

Dalam mendiagnosis batu ginjal, dokter biasanya akan mengumpulkan data dari pasien mengenai gejala-gejala yang sering dirasakan. Lalu menanyakan mengenai riwayat keluarga pasien dan riwayat kesehatan lainnya. Selanjutnya dokter melakukan berbagai tes untuk menentukan lebih tepat apakah gejala yang dirasakan tersebut adalah benar-benar batu ginjal atau bukan. Tes yang dilakukan biasanya tes darah, tes urin, atau pemeriksaan dengan citra gambar seperti X-Ray, CT Scan, atau intravenous urogram.

Lalu bagaimana cara mengobati batu ginjal? Biasanya pengobatan batu ginjal dibagi dua macam berdasarkan ukuran batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau sedang dan bisa melewati saluran kemih, dokter akan menyarankan pasien untuk lebih banyak minum air putih. Dengan banyak minum air, batu diharapkan bisa terdorong keluar dengan sendirinya. Namun jika batu sudah besar dan menimbulkan gejala yang mengganggu, dokter umumnya akan memberikan obat pereda rasa sakit seperti kodein, parasetamol, dan ibuprofen.

By Hanif Maulana - Pengobatan Rabu, 31 Agustus 2016 10:05:50

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Terkhusus untuk anda yang sedang…

Pengobatan
Pengobatan Diabetes Tipe 1

Pengobatan diabetes tipe 1 yang…

Pengobatan
Cara Tradisional Pengobatan Diare Tanpa Biaya Mahal

Solusi untuk pengobatan diare tanpa…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top