Tanya Herbal

BPH Pembesaran Prostat Jinak Pada Pria

Pembesaran prostat jinak atau yang dikenal dalam dunia medis sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH) merupakan kondisi yang menyebabkan kelenjar prostat menjadi bengkak tetapi tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat mempunyai fungsi dalam memproduksi air mani serta terletak di bagian rongga pinggul diantara penis dan kandung kemih. Karena hanya dimiliki laki-laki, penderita BPH tentu saja adalah laki-laki dewasa yang biasanya berusia di atas 50 tahun.

Lalu apa saja gejala BPH Pembesaran Prostat Jinak Pada Pria ? Orang yang menderita pembesaran prostat diantaranya akan merasakan sulit mengeluarkan urin, selalu ingin berkemih terutama di malam hari, inkontinensia urin atau beser, mengejan ketika berkemih, aliran urin yang keluar tersendat-sendat, merasa tidak tuntas ketika berkemih, mengeluarkan urin disertai dengan darah.



Gejala-gejala tersebut muncul karena adanya tekanan pada kantung kemih serta uretra saat kelenjar prostat mengalami pembesaran. Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kemudian dokter akan mendiagnosis dengan beberapa cara. Gejala-gejala BPH terbilang sama dengan kondisi penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, prostatitis atau radang prostat, penyempitan uretra, kanker prostat, kanker kandung kemih, penyakit batu ginjal atau batu kandung kemih, serta gangguan pada saraf yang mengatur aktivitas kandung kemih.

Apa saja penyebab terjadinya pembesaran prostat jinak atau BPH? Sejauh ini penyebabnya belum diketahui. Tetapi kondisi tersebut diperkirakan terjadi karena perubahan pada kadar hormon seksual karena proses penuaan. Perlu diketahui, dalam sistem kemih laki-laki terdapat saluran yang fungsinya untuk membuang urin keluar dari tubuh lewat penis atau dikenal dengan nama uretra. Jalur lintas uretra tersebut melewati kelenjar prostat.

Jika kelenjar prostat membesar, maka secara perlahan akan membuat uretra sempit sehingga pada akhirnya aliran urin akan mengalami penyumbatan. Penyumbatan tersebut bisa membuat otot-otot dalam kandung kemih membesar serta mendorong urin keluar lebih kuat. Faktor-faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena BPH diantaranya adalah faktor penuaan, kurang olahraga, keturunan, penyakit jantung atau diabetes, dan efek samping dari obat-obatan penghambat beta.

Dalam mendiagnosis BPH, ada beberapa tes yang bisa dilakukan diantaranya adalah tes urine, tes kelancaran aliran urine, tes darah, CT urogram, dan USG transrektal atau USG lewat dubur. Pengobatan penyakit ini dikelompokkan menjadi dua yakni penanganan BPH yang memiliki gejala ringan dan penanganan BPH dengan gejala sedang sampai parah.

Untuk penanganan BPH dengan gejala yang ringan, cukup ditangani menggunakan obat-obatan, perubahan gaya hidup, serta terapi menahan berkemih. Sedangkan penanganan BPH dengan gejala sedang sampai parah bisa dengan operasi prostatektomi terbuka, operasi reseksi transuretra prostat (TURP), dan insisi transuretra prostat (TUIP).


Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda dan untuk anda yang ingin bertanya septur kesehatan yang bersangkutan dengan artikel tersebut silahkan bisa anda konsultasikan disini. anda bertanya kami jawab.


By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 31 Agustus 2016 08:50:36

BPH Pembesaran Prostat Jinak Pada Pria
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut ini informasi lengkap tentang BPH Pembesaran Prostat Jinak Pada Pria yang akan saya bahas kali ini semoga. bermanfaat
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

Gejala cedera saraf tulang belakang…

Kesehatan
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna…

Kesehatan
Gastritis, Peradangan Pada Dinding Lambung

Penyakit yang sangat banyak di…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top