Tanya Herbal

Apakah Operasi jadi Cara Efektif Dalam Obati Batu Empedu?

Empedu merupakan cairan yang ada dalam kantong empedu. Fungsinya ada dalam urusan pencernaan lemak. Ketika cairan ini mengeras, maka terbentuklah batu empedu. Batu empedu yang terbentuk bermacam-macam. Ada yang seperti butiran pasir sampai sebesar bola pingpong. Jumlahnya pun bervariasi. Ada yang hanya mempunyai satu, ada pula yang banyak. Dalam ulasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai pengobatan serta komplikasi batu empedu.

Batu empedu terbentuk karena adanya pengerasan kolesterol yang tertimbun di dalam cairan empedu. Hal tersebut bisa terjadi karena kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut tidak seimbang. Batu empedu biasanya tidak menyebabkan rasa sakit sehingga tidak memerlukan penanganan yang khusus. Namun ketika batu tersumbat dalam saluran kantong empedu, pasien akan mengalami gejala berupa rasa sakit di bagian perut sebelah kanan yang bisa datang dengan tiba-tiba.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena batu empedu. Diantaranya adalah faktor usia dan jenis kelamin karena potensi batu empedu akan meningkat pada orang yang usianya di atas 40 tahun terutama pada wanita. Selain itu, batu empedu juga bisa lebih rentan terjadi pada perempuan yang baru melahirkan. Hal tersebut dikarenakan selama kehamilan, kadar kolesterol perempuan biasanya meningkat. Begitu juga pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Apakah Operasi jadi Cara Efektif Dalam Obati Batu Empedu?

Keberadaan batu empedu sebenarnya tidak begitu mengganggu kesehatan. Namun ketika gejala-gejala batu empedu sangat mengganggu dan terjadi komplikasi, penyakit ini sebaiknya segera ditangani. Penanganan batu empedu salah satunya adalah dengan jalan operasi. Meski organ ini penting, tubuh tetap bisa bertahan meskipun tidak memiliki batu empedu. Tanpa kantong empedu, organ hati tetap akan mengeluarkan cairan empedu yang bisa membantu dalam mencerna lemak. Prosedur operasi yang biasanya dilakukan adalah operasi lubang kunci atau kolesistektomi laparoskopik. Operasi tersebut terbilang sederhana  dengan risiko komplikasi yang tidak begitu tinggi.

Namun Apakah Operasi jadi Cara Efektif Dalam Obati Batu Empedu? Beberapa sumber menyebutkan bahwa ketika batu empedu terjadi, operasi bukanlah solusi. Karena batu empedu terjadi bukan karena kantung empedu yang bermasalah melainkan organ hati. Oleh karena itu, perbaikan gaya hidup harus dilakukan agar hati selalu sehat.

Ada baiknya saat Anda merasakan gejala batu empedu, segera konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan diagnosis. Sehingga dokter bisa melakukan penanganan atau pengobatan batu empedu dengan tepat. Jangan sampai telat diobati dan malah menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi batu empedu diantaranya adalah sakit kuning, rasa sakit perut yang konstan, demam tinggi, dan pankreatitis. Pankreatitis merupakan risiko yang berbahaya yang terjadi saat batu empedu masuk serta membuat saluran pankreas terhambat.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 31 Agustus 2016 08:26:32

Apakah Operasi jadi Cara Efektif Dalam Obati Batu Empedu?
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Batu empedu jadi salah satu penyakit yang banyak di alami, namun Apakah perlu Operasi jadi Cara Efektif Dalam Obati Batu Empedu ? simak penjelasannya
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Beberapa Faktor Yang Diduga Penyebab Autisme

Beberapa faktor yang diduga penyebab…

Kesehatan
Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Untuk anak dengan gejala demam…

Kesehatan
Makanan Yang Membantu Tubuh Menyerap Zat Besi Lebih Cepat

Makanan yang membantu tubuh menyerap…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top