Tanya Herbal

Cara Mengobati Bronkitis Akut

Bronkhitis adalah sebuah penyakit yang terkadang tidak perlu diobati, kecuali jika gejalanya sering mengganggu aktivitas karena sering kambuh atau disebut pula sebagai bronkhitis akut. Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara mengobati bronkitis akut.


Pada beberapa kasus, bronkitis akut bisa sembuh tanpa penanganan khusus. Dengan kata lain, bisa sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan bronkitis, berikut kami berikan tips sederhana dalam menyembuhkannya.

  • Minum banyak air untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah terangkat dari paru-paru. Air juga penting untuk mencegah dehidrasi.
  • Banyak beristirahat.
  • Berhenti merokok serta menghindari asap knalpot, pabrik, dan bahan kimia. Merokok dan sering terpapar asap bisa memperburuk kondisi bronkitis.
  • Jika bronkitis terjadi pada anak-anak, berikan campuran lemon dan madu agar bisa membantunya bernafas dengan lega.

Pada kasus bronkitis yang diakibatkan virus, antibiotik tidak perlu diberikan karena tidak akan memberikan dampak apapun. Pemberian antibiotik dibutuhkan ketika adanya kemungkinan infeksi karena bakteri. Jika ada peningkatan dalam jumlah dahak serta dahak tampak lebih kental berarti hal tersebut mengindikasikan Anda terinfeksi bakteri. Resep antibiotik diberikan biasanya hanya untuk lima hari.

Jika Anda terkena bronkitis, secara otomatis paru-paru akan lebih rentan terhadap infeksi. Anda bisa jadi memerlukan vaksinasi pneumonia ataupun vaksinasi flu tahunan. Namun jika dokter tidak menganjurkan atau bahkan melarang dengan alasan tertentu, sebaiknya tidak melakukan vaksinasi tersebut. Bronkitis kronis dapat diobati lewat cara yang sama dengan penyakit PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Untuk mengencerkan dahak atau mukosa, dokter biasanya menyarankan penderita untuk mengonsumsi obat yang bernama mucolytic. Cara lain yang dianjurkan dokter biasanya berupa rehabilitasi paru yang dilakukan untuk meredakan gejala yang muncul.

Untuk menangani bronkitis kronis, dokter akan menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang bisa dibeli bebas di apotek. Dokter biasanya meresepkan obat jika dahak sulit dikeluarkan. Penderita bronkitis kronis disarankan untuk berhenti merokok untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Sebanyak 5 persen penderita bronkitis biasanya menderita infeksi sekunder dalam salah satu maupun dalam kedua paru-paru. Infeksi tersebut bisa menyerang kantong udara atau alveoli. Infeksi tersebut dikenal dengan nama pneumonia. Risiko orang menderita pneumonia bisa meningkat jika mempunyai kebiasaan merokok, berusia semakin tua, menderita penyakit lain seperti ginjal atau jantung, serta mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah.

By Nandang Rohimat - Pengobatan Selasa, 30 Agustus 2016 08:37:43

Cara Mengobati Bronkitis Akut
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bronkhitis adalah penyakit yang sering mengganggu aktivitas karena sering kambuh atau disebut pula sebagai bronkhitis akut. Berikut cara mengobati bronkitis akut.
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi adanya bintil…

Pengobatan
Pengobatan Bronkiolitis dan Cara Mencegahnya

Bronkiolitis merupakan infeksi yang terjadi…

Pengobatan
Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia

Inilah cara mengatasi gejala hipoglikemia…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top