Tanya Herbal

Manfaat Bunga Cempaka Untuk Kesehatan

Bunga cempaka adalah tanaman yang hidup di daerah tropis atau pun subtropics dan termasuk tanaman dari suku Magnoliaceae. Orang yang tinggal di daerah perkotaan, bunga cempaka mungkin sulit ditemukan karena bunga cempaka mempunyai pohon yang terbilang besar bahkan ada yang tingginya sampai 30 meter. Manfaat kayu pohon cempaka bisa digunakan sebagai bahan meubeul atau sebagai perabot kayu lainnya. Tetapi dibandingkan dengan kayu, bunga nya lebih dikenal masyarakat luas. Artikel kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Bunga Cempaka Untuk Kesehatan




Sebelum membahas mengenai manfaat bunga cempaka untuk kesehatan, kami akan membahas dulu mengenai jenis-jenis bunga cempaka. Diantaranya adalah bunga cempaka ungu, bunga cempaka merah, bunga cempaka kuning, dan bunga cempaka putih. Lalu apa saja manfaat bunga cempaka?


1. Manfaat bunga cempaka untuk menghilangkan bau badan. Bunga cempaka terkenal sebagai bunga yang  mempunyai aroma wangi, bahkan sangat wangi. Aroma tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau tubuh tak sedap karena keringat dan bakteri yang menempel dalam tubuh. Caranya, rebus segenggam bunga cempaka putih dalam satu liter air. Lalu air rebusan cempaka tersebut diminum secukup nya sehingga air sisanya bisa dipakai untuk mandi agar bau badan bisa hilang seketika.


2. Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menyembuhkan perut kembung. Bunga cempaka bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan perut kembung karena banyak gas dalam lambung. Caranya simpel. Rebus bunga cempaka dengan campuran kapulaga, jahe, serta kulit jeruk keprok kering. Minum campuran rebusan ramuan alami tersebut, perut kembung pun bisa diatasi.


3. Manfaat bunga cempaka untuk mengatasi batuk berdahak. Tidak hanya untuk mengatasi perut kembung, bunga cempaka juga bisa dipakai untuk mengatasi batuk berdahak. Rebus bunga cempaka serta tambah kan kulit jeruk kering dan jahe. Untuk mengobati batuk, ramuan nya sebaiknya lebih kental dengan perbandingan air lebih sedikit dibandingkan untuk mengobati perut yang kembung. Penyakit infeksi lain semisal peradangan pada saluran pernafasan juga bisa disembuhkan menggunakan air rebusan bunga cempaka.


4. Manfaat bunga cempaka untuk keputihan wanita. Keputihan merupakan kondisi yang biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus. Keputihan perlu diobati agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak menimbulkan bau tidak sedap. Bunga cempaka bisa diandalkan untuk mengobati keputihan pada wanita. Caranya rebus bunga cempaka kering yang ditambahkan dengan kulit delima dan daun jail. Rebus ramuan tersebut dan minum setelah dingin. Lakukan secara rutin.


5. Manfaat bunga cempaka untuk mengobati vertigo. Vertigo umumnya bisa hilang dengan istirahat yang cukup. Tetapi bisa pula disembuhkan secara alami menggunakan bunga cempaka. Caranya, rebus tujuh kuntum cempaka kering di dalam 500 mililiter air. Minum air tersebut secara rutin sampai vertigo tidak lagi kambuh.

By Agung Ramdani - Kesehatan Senin, 29 Agustus 2016 09:11:31

Manfaat Bunga Cempaka Untuk Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bunga cempaka adalah tanaman yang hidup di daerah tropis atau pun subtropics dan termasuk tanaman dari suku Magnoliaceae. berikut ini ada beberapa Manfaat Bunga Cempaka Untuk Kesehatan.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri Sendi dengan Bahan Alami

Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri…

Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Kesehatan
Proses Diagnosis dan Pengobatan Infeksi HPV

Penting jika anda mengetahui dan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top