Tanya Herbal

Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tidak sedikit manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, umumnya daun sirih identik dengan orang tua dimana mereka biasanya melakukan kegiatan mengunyah daun sirih atau nyirih. Sebenarnya bukan sesepuh saja yang mengonsumsi sirih dengan cara dikunyah, ada pula kalangan muda yang mengunyah daun sirih ini dengan alasan kesehatan gigi.


Daun sirih memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsinya bisa dengan cara bermacam-macam. Ada yang langsung dikunyah, ada juga dengan meminum hasil rebusannya.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah rangkuman yang membahas manfaat rebusan daun sirih:

1. Manfaat rebusan daun sirih untuk penyakit asma. Anda mempunyai penyakit asma? Penyakit yang terbilang sangat merepotkan ketika kambuh ini akan mengganggu aktivitas dengan gejala seperti sesak nafas, sulit mengerjakan kegiatan berat dalam waktu lama, serta nafas terasa pendek dan tersenggal-senggal.

Anda yang sering merasakan gejala-gejala asma, manfaatkan daun sirih khususnya air hasil rebusannya untuk mengatasi gejala asma yang muncul. Cara mengolahnya gampang. Ambil 4 sampai 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai tersisa satu gelas. Rutin minum dua sampai tiga kali sehari ketika asma muncul maupun tidak.

2. Manfaat rebusan daun sirih untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Meski bukan penyakit kronis, radang tenggorokan mempunyai gejala yang menyebalkan dan mengganggu aktivitas. Anda bisa membuat rebusan dari daun sirih dengan cara yang sama untuk pengobatan asma. Lalu minum air rebusan tersebut ketika tenggorokan terasa sakit, daun sirih dapat menjadi obat herbal yang ampuh dan aman untuk. Gejala radang tenggorokan biasanya berupa batuk-batuk, suara serak, perih ketika menelan, dan sulit berbicara.

3. Manfaat rebusan daun sirih untuk iritasi pada mata. Jika Anda mengalami iritasi pada mata atau rasa sakit, gunakan rebusan daun sirih untuk mengatasinya. Mata adalah organ tubuh yang rentan terkena infeksi ataupun peradangan. Hal tersebut dikarenakan mata sering terbuka dan terkena alergen atau polutan penyebab iritasi sehingga membuat mata menjadi berwarna merah, gatal, perih, dan sakit. Saat hal tersebut terjadi, buat obat kompres mata dari rebusan daun sirih yang telah dingin untuk menghilangkan gejala-gejala iritasi mata.

4. Manfaat rebusan daun sirih untuk melancarkan haid. Perempuan yang sering mengalami masalah ketika haid bisa menggunakan rebusan daun sirih untuk mengatasinya. Cara membuat ramuannya mudah. Ambil 3 sampai 5 lembar daun sirih, rebus dengan dua gelas air sampai mendidih, diamkan sampai tidak terlalu panas. Kemudian minum selama masa haid.

5. Manfaat rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa rutin mengonsumsi rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut Anda.

Itulah beberapa manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan. Jadi, daun sirih dapat digunakan sebagai antibiotik untuk infeksi bakteri yang alami dan aman.

By Rahman Amaruloh - Obat Herbal Senin, 29 Agustus 2016 08:32:58

Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak sedikit manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, umumnya daun sirih identik dengan orang tua dimana mereka biasanya melakukan kegiatan mengunyah daun sirih atau nyirih.
Obat Herbal - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Merk obat herbal untuk asam lambung yang bagus apa ya?

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Hallo Dok, Saya rani 25 tahun. Belakangan ini saya sering mengeluhkan sesak nafas dan terasa panas di bagian dada, Dan ini mungkin karena penyakit asam lambung saya yang kembali kambuh,…

  • Daun Salam Sebagai Obat Diare

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Siang pak admin ,,, saya mau tanya tolong penjelasannya biasanya kan ada jenis daun salam liar yang bisa ditemukan di hutan tuh, itu kan bisanya rasanya pahit katanya, nah, apakah…

  • Apakah Bawang Putih Bisa Mengobati Mata Bengkak ?

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Ass.. Saya Mahrama berusia 22thn, rutinitas saya aktif didepan layar komputer. Tidak sengaja saya temukan situs "Tanya Herbal" ini. Untuk Admin, saya mau tanya. Saat ini saya mengalamai sakit mata,…


Obat Herbal
Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi Disentri

Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi…

Obat Herbal
6 Tanaman Obat Herbal Penyubur Kandungan

Tanaman-tanaman Obat Herbal Penyubur Kandungan…

Obat Herbal
Manfaat Obat Herbal Diabetes Tebu

Jika anda menderita diabetes dan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top