Tanya Herbal

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur

Mengonsumsi garam membuat makanan terasa lebih enak. Namun jika terlalu banyak mengonsumsi garam, maka kesehatan menjadi taruhannya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa garam adalah salah satu bahan makanan penting. Tanpa garam, makanan akan terasa tidak enak karena hambar. Garam dapur juga berkhasiat sebab  garam dapur mengandung dua unsur yakni klorida dan natrium atau sodium. Klorida bisa membantu tubuh dalam mencerna makanan. Sedangkan natrium dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan tekanan dan volume darah, serta membantu kinerja otot dan saraf.

Pada postingan TANYA HERBAL kali ini akan mengulas bahaya atau efek samping terlalu banyak mengonsumsi garam dapur, yang akan di rasakan kesehatan. Memang bila jangka pendek efek samping biasanya jarang terasa tapi akan terasa bila dalam waktu yang panjang.


Semua manfaat yang kami sebutkan akan dirasakan jika jumlah asupan garam yang masuk kedalam tubuh sesuai dengan kadar yakni 6 gram per hari atau satu sendok teh per hari. Jika asupan garam yang masuk kedalam tubuh berlebihan, maka Anda akan rentan terkena diabetes, tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, kankerlambung, dan gangguan kesehatanlainnya. Itulah bahaya Terlalu Banyak mengonsumsi garam dapur, yang akan memberikan dampak buruh bagi tubuh anda.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? sebab terlalu banyak mengonsumsi garam dapur terlalu banyak akan membuat tubuh terlalu banyak menyerap natrium. Jika natrium dalam aliran darah tinggi, maka ginjal akan membuangnya lewat urin. Ketika ginjal tidak mampu membuang kelebihannya, natrium akan menumpuk dalam darah. Natrium akan menahan cairan dalam aliran darah yang mengakibatkan volume darah meningkat sehingga membuat jantung bekerja lebih keras serta menaikkan tekanan dalam arteri.

Meski natrium dalam garam penting untuk kesehatan saraf, namun terlalu banyak mengonsumsi garam bisa memberikan efek negatif pada tubuh. Menurut ahli gizi, natrium memiliki peran dalam mengirimkanimpuls saraf dari otak keseluruh bagian tubuh. Namun terlalu banyak mengonsumsi natrium bisa mengganggu fungsi saraf normal.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur memang berbahaya, tapi natrium tidak selalu dari daram dapur saja, namun juga dari berbagai minuman serta makanan yang dikonsumsi. Diantaranya adalah dari keju, ikanteri, saus, ham, salami, bacon, udang, acar, dagingasap, ekstrakragi, kecap, kacang-kacangan yang diasinkan, keripik, roti, pizza, sosis, mayones, makanan siap saji, sereal sarapan, dan lain-lain.

Agar tidak over dosis, sebaiknya Anda memiliki cara dalam mengurangi asupan garam dapur. Berikut kami berikan tips dalam mengurangi asupan garam.

  • Saat berbelanja, periksa komposisi makanan terlebih dahulu terutama mengenai kadar natriumnya. Pilih yang kadar natrium rendah.
  • Konsumsi makanan segar seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Gunakan bumbu lain dalam menambahkan rasa seperti cabai segar, perasan lemon, ataupun air jeruk nipis.
  • Jika memasak dengan saus, gunakan sedikit
  • Kurangi asupan makanan ringan yang rasanya asin.

Yuk mulai hidup sehat dengan mengurangi asupan garam dalam makanan sehari-hari kita. Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur memang tidak bisa di biarkan betitu saja, sebab efek nya akan sangat menggnaggu kesehatan kita


By Irman Firmansyah - Makanan Kamis, 25 Agustus 2016 10:23:27

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sering mengonsumsi garam hati hati ini Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Dapur untuk kesehatan anda
Makanan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    2 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat Antikanker Payudara

Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat…

Makanan
Manfaat Umbi Talas

Talas bukan hanya bisa dimanfaatkan…

Makanan
Manfaat Kacang Panjang Untuk Payudara

Simaklah informasi tentang Manfaat Kacang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top