Tanya Herbal

Manfaat Sayur Genjer Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Anda yang pernah tinggal di pedesaan mungkin akrab dengan genjer, sayuran yang berjenis seperti eceng  gondok yang tumbuh di air. Sekilas mirip dengan eceng gondok namun ada beberapa perbedaan. Zaman dulu, sayur genjer akrab kaitannya dengan kemiskinan. Hal tersebut karena sayur genjer mudah ditemui di rawa, sungai, kolam, maupun danau secara gratis dan dominan dikonsumsi oleh orang yang tidak mempunyai uang untuk membeli bahan makanan lain.

Namun dewasa ini, sayur genjer menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dari semua kalangan terutama vegetarian. Daun genjer banyak dijual di pasar tradisional, namun masih jarang didapatkan di pasar swalayan. Sayur genjer bisa dikonsumsi sebagai lalapan, tumisan, dan campuran pecel atau gado - gado.



Apa saja kandungan dalam genjer? Serat adalah kandungan yang banyak terdapat dalam genjer. Mengonsumsi genjer bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh sehari-hari. Serat bermanfaat untuk mencegah sembelit, melancarkan pencernaan, mengikat lemak tubuh, membantu proses pencernaan makanan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menstabilkan kadar gula darah.

Dalam genjer juga terkandung protein. Berikut Manfaat Sayur Genjer Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh lainnya adalah menambah stamina dan tenaga, pembentukan masa otot, pengikat lemak dalam tubuh, dan sebagai sumber energi. Hal tersebut dikarenakan genjer kaya akan kandungan protein. Dalam 100 gram genjer terkandung 1,7 gram protein. Angka tersebut terbilang banyak untuk kandungan protein dalam sayur hijau.

Genjer juga kaya akan kalsium. Dalam 100 gram genjer, terdapat 62 miligram kalsium yang bagus untuk tubuh. Manfaat kalsium diantaranya adalah membantu pertumbuhan gigi dan tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan fosfor dalam genjer juga memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan tulang serta menambah kekuatan tulang.

Anda yang memiliki masalah dengan kekurangan sel darah merah, konsumsi genjer karena mengandung banyak zat besi. Manfaat zat besi diantaranya adalah untuk pembentukan sel darah dan mempercepat penyembuhan luka. Manfaat genjer lainnya adalah untuk menambah nafsu makan, mencegah terjadinya kanker kolon, serta mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat genjer juga bisa dipakai untuk gado - gado ataupun pecel. Gado - gado merupakan makanan campuran dari bumbu kacang dan sayuran - sayuran hijau serta dicampur dengan telur dan kentang. Selain dibikin gado - gado, genjer juga bisa di jadikan tumis sayur genjer. Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat tumis genjer diantaranya adalah genjer, bawang putih dan bawang merah, cabai hijau, kaldu ayam, saus tiram, dan daging ayam. Untuk menumis, pakai minyak zaitun agar lebih sehat.

Itulah manfaat - manfaat sayur genjer yang baik untuk kesehatan tubuh. Masukkan ke daftar belanja Anda mulai dari sekarang.

Nah Demikian Ulasan singkat tentang manfaat sayur genjer untuk kesehatan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. dan pastinya menambah pengetahuan anda tentang kesehatan, dan untuk anda yang ingin konsultasi kesehatan yang berkaitan dengan artikel tersebut bisa bertanya disini.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 24 Agustus 2016 11:08:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

Gejala cedera saraf tulang belakang…

Kesehatan
9 Manfaat Anggur Hitam Yang Kaya Kandungan Air

Bukan cuma dapat menyegarkan rajin…

Kesehatan
Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top