Tanya Herbal

Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat Antikanker Payudara

Dengan bentuknya yang langsing dan kecil, jamur enoki memiliki banyak manfaat dan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Jamur enoki atau yang bernama panjang enokitake adalah jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Bentuknya seperti batang kurus dengan warna putih dan biasanya dipakai untuk membuat sup atau menjadi bahan dalam pembuatan suki. Jamur enoki bisa tahan lama jika disimpan di dalam lemari es. Oleh karena itu, jika Anda membeli jamur enoki dalam jumlah besar, jangan takut busuk.

Lalu apa saja yang terkandung dalam jamur enoki ?


Dalam 100 gram enoki mentah terkandung energi, air, karbohidrat, fosfor, kalium, magnesium, folat, niacin, vitamin D, dan lain-lain. Kandungan antioksidan dalam jamur enoki juga tinggi yakni sampai 99,7 persen sehingga bisa diandalkan untuk mencegah serangan radikal bebas. Antioksidan ergothioneine pada jamur enoki juga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan karena spesies nitrogen reaktif dan radiasi  UV.

Jamur enoki mengandung polisakarida yang  bisa dipakai sebagai bahan makanan kesehatan serta produk kosmetik. Jamur enoki juga mengandung banyak serat yang bisa mempercepat penguraian kolesterol sehingga mengurangi kolesterol total, tingkat trigliserida, fosfolipid dalam hati, serta lemak jahat.

Kandungan mycosterol di dalamnya juga bagus untuk menurunkan LDL dalam darah dan kadar kolesterol total. Yang lebih hebat, Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat Antikanker Payudara dimana mempunyai zat flammulin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara.

Cara Mengolah Jamur Enoki Menjadi Masakan

Anda yang tertarik untuk mengolah jamur enoki menjadi masakan, berikut kami berikan tips memasak jamur enoki. Jamur enoki biasa dijadikan bahan masakan di Jepang, China, Korea, maupun Vietnam. Berikut bahan yang Anda butuhkan:

  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Wortel
  • 5 buncis, potong-potong
  • 1/4 cangkir jamur enoki
  • 1/2 cangkir saus teriyaki
  • 2 sendok makan air
  • Daun bawang secukupnya, potong-potong
  • Minyak

Cara membuatnya:

  1. Rebus enoki dalam air mendidih, cukup satu menit, lalu tiriskan.
  2. Dalam wajan, panaskan minyak lalu tumis bawang putih. Masukkan buncis, wortel, dan air. Masak selama 3 menit.
  3. Masukkan saus teriyaki, aduk selama 3 menit sampai saus tercampur rata.
  4. Masukkan jamur enoki dan tambahkan daun bawang. Lalu sajikan.

Beberapa orang menyebut jamur enoki sebagai jamur tauge, jamur jarum emas, atau jamur musim dingin. Di negara yang beriklim sejuk, enoki tumbuh di alam bebas mulai dari musim gugur sampai dengan musim semi. Bahkan jamur ini diketahui bisa tumbuh di bawah salju, di permukaan batang pohon celtis sinensis yang melapuk.

Jamur enoki kaya akan vitamin B1, B2, dan vitamin E yang bagus untuk menciptakan sistem imun, memperbaiki sistem metabolisme, membantu mengurangi rasa lelah, dan menurunkan berat badan. Tidak heran jamur ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan dan juga sebagai obat herbal.


By Nandang Rohimat - Makanan Selasa, 23 Agustus 2016 08:46:39

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    1 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Umbi Talas

Talas bukan hanya bisa dimanfaatkan…

Makanan
6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Timun Untuk Otak. Manfaat…

Makanan
Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya

Manfaat Keji Beling dan Cara…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top