Tanya Herbal

Cefoperazone Antibiotik Untuk Infeksi Bakteri Pseudomonas

Cefoperazone antibiotik untuk infeksi bakteri pseudomonas. Karena hanya berfungsi untuk mengatasi infeksi karena bakteri, obat ini tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi karena virus seperti pilek ataupun flu. Beberapa jenis penyakit yang diakibatkan bakteri dan bisa diobati dengan cefoperazone diantaranya adalah meningitis, kolesistitis dan kolangitis, infeksi saluran pernafasan, gonore, dan septikemia. Adapun obat pembasmi bakteri lainnya, seperti Cefadroxil.

Dalam tubuh, obat cefoperazone bekerja dengan cara mencegah proses sintesis dinding sel bakteri. Disarankan untuk melakukan konsultasi kesehatan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini, karena cefoperazone biasa dipakai dengan resep dokter untuk mendapatkan dosis efektif dalam mengatasi infeksi yang diderita pasien. Cefoperazone yang berbentuk obat suntik ini bisa dipakai oleh anak-anak dan dewasa.


Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, maupun sedang menyusui harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menjalani pengobatan dengan cefoperazone. Pasien yang alergi dengan penisilin maupun sefalosporin tidak dianjurkan mengonsumsi cefoperazone.

Hati-hati untuk pasien yang sedang mengidap gangguan fungsi empedu dan hati, gangguan fungsi ginjal, mendapatkan nutrisi parenteral, serta orang yang akan menjalani pemeriksaan darah dan glukosa urin. Tidak dianjurkan untuk mengemudikan kendaraan maupun mengoperasikan alat berat karena efek samping obat ini membuat sakit kepala.

Dosis cefoperazone akan disesuaikan oleh dokter berdasarkan jenis infeksi, riwayat kesehatan pasien, dan tingkat keparahan penyakit. Oleh karena itu, dosis setiap pasien pasti akan berbeda-beda. Secara umum, dosis untuk orang dewasa adalah 2 sampai 4 gram per hari dan dibagi menjadi dua dosis yang akan diberikan setiap 12 jam. Jika infeksi cukup parah, maka dokter akan meningkatkan dosis sampai 8 gram per hari yang dibagi menjadi tiga kali dosis. Dosis maksimal yang boleh diminum per hari adalah 16 gram.

Biasakan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat cefoperazone serta ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsinya. Tidak dianjurkan menyuntikkan cefoperazone tanpa pengawasan dari dokter maupun petugas medis. Periksakan kesehatan secara rutin agar dokter bisa memantau perkembangan kondisi kesehatan dan efektivitas obat. Konsumsi semua obat yang diberikan dokter sampai habis agar bakteri penyebab infeksi benar-benar musnah.

Kenali efek samping dari cefoperazone seperti sariawan, diare, infeksi jamur pada vagina, kadar protein pembeku darah atau protrombin menurun, dan muntah. Segera temui dokter jika mengalami efek samping seperti fungsi hati tidak normal dengan gejala kulit dan mata menjadi kuning, trombosit menurun, ruam disertai gatal, gangguan ginjal, pendarahan, reaksi alergi seperti kulit menjadi merah atau eritema multiforme, sampai reaksi yang lebih parah seperti kulit melepuh di beberapa bagian tubuh.

By Rahman Amaruloh - Obat Kimia Jum'at, 19 Agustus 2016 10:22:46

Cefoperazone Antibiotik Untuk Infeksi Bakteri Pseudomonas
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cefoperazone antibiotik untuk menangani infeksi karena bakteri pseudomonas. Karena hanya berfungsi untuk mengatasi infeksi karena bakteri, obat ini tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi karena virus seperti pilek ataupun flu.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Attapulgite Obat Untuk Mengatasi Diare

Attapulgite merupakan obat yang bisa…

Obat Kimia
Cefuroxime, Obat Untuk Infeksi Karena Bakteri

Obat ini bisa mengatasi infeksi…

Obat Kimia
Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan Jaringan Otak

Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top