Tanya Herbal

5 Manfaat Brokoli Yang Harus Diketahui

Brokoli adalah sebuah sayuran yang bagus dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Meski rasanya memang tidak seenak sayuran lain, namun kandungan dalam brokoli sangat berlimpah dan baik untuk kesehatan. Brokoli bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain baik daging maupun sayuran seperti wortel maupun jagung.


Perlu Anda ketahui, brokoli termasuk dalam jenis kubis-kubisan. Pada perkembangannya, brokoli memang masih baru masuk ke tanah air namun kini popularitasnya semakin menanjak. Terlebih setelah manfaat brokoli untuk program diet semakin tersebar luas. Wujud brokoli tampak seperti pohon kecil yang memiliki daun rimbun dan mirip kembang kol. Yang harus diperhatikan dalam memasak brokoli adalah dengan tidak memasaknya terlalu lama karena kandungannya akan hilang.

Brokoli mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu terkandung pula antioksidan, kalsium, zat besi, dan kalori. Kandungan tersebut sangat bagus untuk semua umur. Sehingga siapapun bisa mengonsumsi brokoli mulai dari anak-anak, remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang lansia.

Berikut ini kami rangkum 5 Manfaat Brokoli Yang Harus Diketahui yang diringkas dari berbagai sumber:

1. Manfaat brokoli untuk mengontrol kolesterol.

Serat yang terkandung dalam brokoli berfungsi untuk mengendalikan penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Masak brokoli dengan benar misalnya hanya direbus dan hindari penggunaan minyak goreng.

2. Manfaat brokoli untuk menjaga kesehatan mata.

Brokoli kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta memberikan manfaat untuk penglihatan yang lebih baik. Mata adalah organ yang sangat penting, oleh karena itu jagalah kesehatannya dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, kacang panjang, maupun wortel. Lutein yang terkandung pada brokoli juga bagus untuk menjaga kerusakan mata karena penuaan maupun paparan sinar matahari.

3. Manfaat brokoli untuk pencernaan.

Dalam brokoli terkandung sulforaphane yang bagus dikonsumsi untuk menekan risiko gangguan pencernaan seperti infeksi lambung dan maag. Sulforaphane bisa memberikan pengaruh untuk meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim tersebut memiliki peran untuk menggandeng zat-zat karsinogen penyebab kanker dan mengeluarkannya dari sel.

4. Manfaat brokoli untuk menangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi bisa membantu tubuh untuk memerangi radikal bebas yang berasal dari asap kendaraan, polusi udara, dan lain-lain.

5. Manfaat brokoli untuk mengontrol tekanan darah.

Dalam brokoli, terkandung potassium yang penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sehingga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, mulai dari sekarang selalu sediakan sayuran yang satu ini di dapur anda. Karena selain enak sayuran brokoli ini memiliki banyak manfaat dan berkhasiat untuk menjaga tubuh kita selalu sehat.

Tidak lupa juga selalu konsultasi kesehatan anda secara rutin ke dokter terdekat atau pada dokter pribadi anda supaya kesehatan anda selalu terkontrol dengan baik.

By Irmansyah - Makanan Kamis, 18 Agustus 2016 11:56:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    1 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Daun Alur Beserta Resep Masakan Dari Daun Alur

dihalaman artikel ini akan kita…

Makanan
Jenis Makanan yang Bisa Membuat Anda Bodoh

Berikut adalah Jenis Makanan yang…

Makanan
Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat Antikanker Payudara

Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top