Tanya Herbal

Ethambutol Obat Untuk Mengobati Tuberkulosis

Ethambutol adalah obat yang biasa dipakai untuk mengobati tuberculosis (TBC). Ethambutol biasanya dikombinasikan dengan obat-obatan lain. TBC adalah sebuah penyakit yang menyerang paru-paru manusia yang diakibatkan infeksi bakteri. Biasanya dokter akan memberikan saran untuk mengonsumsi obat selama jangka waktu tertentu meski kondisi sudah tampak membaik. Hal tersebut bertujuan supaya penyakit TBC benar-benar pulih dan tidak kambuh lagi. Namun segera hentikan penggunaan dan konsultasi kesehatan Anda dengan dokter jika mengalami gangguan penglihatan ketika menggunakan ethambutol.


Aturan Pakai Ethambutol

Obat yang berjenis anti tuberkulosis ini hanya tersedia dalam bentuk tablet dan boleh dikonsumsi anak-anak serta dewasa. Perhatikan jika obat ini dikonsumsi oleh perempuan menyusui. Untuk perempuan yang sedang hamil, disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena akan berbahaya untuk perkembangan janin. Hati-hati jika sedang menderita gangguan penglihatan dangan gangguan ginjal selama mengonsumsi obat ini.

Tanyakan kepada dokter jika Anda menggunakan obat-obatan lain selama mengonsumsi ethambutol. Dosis ethambutol untuk anak-anak maupun dewasa akan disesuaikan dokter sesuai dengan berat badan mereka. Berikut kami uraikan dosis ethambutol untuk penderita yang baru pertama kali terkena penyakit TBC dan orang yang pernah terkena penyakit TBC sebelumnya.

  • Dosis ethambutol untuk orang dewasa adalah 15 miligram per kilogram berat badan setiap hari.
  • Dosis ethambutol untuk anak-anak adalah 25 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama dua bulan pertama. Lalu dosis dikurangi menjadi 15 miligram per kilogram.
  • Dosis ethambutol saat TBC kambuh untuk orang dewasa adalah 25 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama dua bulan pertama. Kemudian dosis dikurangi menjadi 15 miligram per kilogram.
  • Dosis ethambutol saat TBC kambuh untu kanak-anak adalah 25 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama dua bulan pertama. Kemudian dosis dikurangi menjadi 15 miligram per kilogram.

Ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi ethambutol serta baca informasi pada kemasan obatnya. Telah kapsul maupun tablet ethambutol menggunakan air dan tidak dianjurkan untuk mengunyahnya. Ethambutol Obat Untuk Mengobati Tuberkulosis ini bisa dikonsumsi baik sebelum ataupun setelah makan. Pastikan untuk mengonsumsi ethambutol sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh dokter meski kondisi sudah membaik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah infeksi TBC datang lagi.

Tidak dianjurkan untuk sembarangan mengonsumsi obat-obatan lain ketika sedang menjalani pengobatan menggunakan ethambutol tanpa sepengetahuan dokter karena bisa menimbulkan efek samping buruk. Rutinlah temui dokter selama menjalani pengobatan menggunakan ethambutol supaya dokter bisa memantau perkembangan kondisi Anda.

Efek Samping Obat Ethambutol

Seperti obat-obatan pada umumnya, ethambutol berpotensi menyebabkan efek samping seperti

  • Gangguan penglihatan
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Mual, dan muntah.

Segeral periksakan diri ke dokter jika mengalami efek samping yang berkepanjangan.


By Nandang Rohimat - Obat Kimia Selasa, 16 Agustus 2016 08:12:18

Ethambutol Obat Untuk Mengobati Tuberkulosis
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ethambutol adalah obat yang biasa dipakai untuk mengobati tuberculosis (TBC). obat ini biasanya dikombinasikan dengan obat-obatan lain dan harus sesuai anjuran.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Diltiazem Obat Penghambat Kanal Kalsium

Diltiazem obat penghambat kanal kalsium…

Obat Kimia
Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan Jaringan Otak

Citicolin Obat Untuk Menangani Kerusakan…

Obat Kimia
Asam Traneksamat Obat Untuk Menghentikan Pendarahan

Hentikan pendarahan yang sedang anda…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top