Tanya Herbal

Efek Samping dan Bahaya Cream Pemutih Wajah

Tipe perempuan cantik di Indonesia secara umum adalah mereka yang memiliki kulit putih bersinar. Karena pemahaman yang salah tersebut, banyak orang yang berusaha untuk memutihkan kulitnya terutama kulit wajah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan cream pemutih wajah. Padahal tidak sedikit produk untuk memutihkan wajah yang beredar di pasaran, mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan, terutama pemutih wajah yang bisa memutihkan wajah dengan instan. Dalam artikel kali ini kami akan memberi informasi mengenai Efek Samping dan Bahaya Cream Pemutih Wajah.


Tahun 2013, BPOM mengamankan sekitar 74.000 unit produk kosmetik dan obat yang tidak memiliki izin edar dan terbukti mengandung bahan berbahaya. Di tahun yang sama, ada 17 merk kosmetik yang mengandung zat berbahaya dan sebagian besar diantaranya merupakan produk pemutih kulit.

Perlu Anda ketahui, warna kulit manusia sudah ditentukan oleh kadar dan warna pigmen yang disebut melanin. Melanin pada setiap manusia akan ditentukan dari genetik dan tingkat paparan sinar matahari. Kulit wajah yang sering terkena paparan sinar matahari akan menstimulasi produksi melanin sehingga membuat kulit menjadi lebih gelap. Melanin bisa disebut sebagai tabir surya alami atau bentuk adaptasi kulit manusia terhadap tempat dia berada.

Efek buruk ultraviolet bisa dicegah pada kulit yang berwarna gelap karena kandungan melaninnya banyak. Hal tersebut dikarenakan melanin memiliki fungsi untuk menyerap serta menghilangkan dampak negatif ultraviolet dari permukaan kulit. Lalu apa sebenarnya yang membuat cream pemutih berbahaya? Hal tersebut dikarenakan karena kandungannya. Berikut bahan-bahan berbahaya yang biasa dipakai komposisi cream pemutih.

1. Merkuri atau Air Raksa

Logam yang berbentuk cairan berwarna abu-abu tersebut, tidak larut pada air maupun alkohol dan tidak memiliki bau. Merkuri merupakan bahan aktif yang memiliki dampak dalam membuat epidermis kulit mengelupas. Namun dalam jangka panjang, merkuri bisa memberi efek seperti rusaknya ginjal, timbul masalah psikologis, serta kerusakan pada sistem saraf. Bahaya menggunakan krim pemutih pada ibu hamil yang mengandung merkuri adalah bisa merusak fungsi otak pada janin.

2. Hidrokinon

Bahan kimia yang satu ini lazimnya dipakai pada proses cuci cetak foto dan bermanfaat sebagai zat penstabil dalam cat, minyak, bahan bakar kendaraan, dan pernis. Badan POM Amerika Serikat mengungkapkan produk pemutih kulit wajah yang dijual bebas di pasaran mengandung kadar hidrokinon maksimal sampai 2 persen. Sedangkan jika produk ini diresepkan oleh dokter spesialis kulit, maksimal hanya boleh mengandung sampai 4 persen hidrokinon. Penggunaan hidrokinon di atas 4 persen bisa membuat kulit tampak ruam seperti terbakar.

Efek dan bahaya lain dari penggunaan krim pemutih wajah adalah Hiperpigmentasi atau menggelapnya warna kulit karena penambahan kadar melanin, Vitiligo atau menghilangnya pigmen kulit karena sel melanosit mati, dan Okronosis Eksogen atau kulit berwarna biru kehitam-hitaman.

By Raka Dimas - Kecantikan Senin, 15 Agustus 2016 08:11:10

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Kecantikan
Manfaat Putih Telur Untuk Kulit Wajah Kencang

Jadi bagi yang suka melakukan…

Kecantikan
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Cepat Dengan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Cepat…

Kecantikan
Efek Samping Zat Kimia Paraben Pada Produk Kecantikan

Efek Samping Zat Kimia Paraben…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top