Tanya Herbal

Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Zat antioksidan memiliki manfaat untuk menghilang kanradikal bebas yang bersifat merusaksel-selsehat. Seseorang yang tinggal di lingkungan dengan polusitinggi umumnya memiliki kadar oksidan lebih tinggi. Untuk mengatasi haltersebut, diperlukanmakanan yang mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, penuaan dini, serta tekanan darah tinggi. Ternyata antioksidan terbaik adalah yang bersumber dari buah-buahan dan sayuran sebab Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi dan lebih alami dibandingkan sumber antioksidan lainnya.

Jenis antioksidan diantaranya adalah beta karoten, vitamin E, lutein, selenium, anthosianin, lycopene, asam alpha lipoic, koenzim Q10, dan flavonoid. Kandungan-kandungan tersebut terdapat pada beberapa makanan terutama sayur dan buah. Berikut kami berikan contoh buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi.

1. Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan, serat, dan protein. Anda bisa memilih kacang merah, kacang almond, kacang pinto kering, dan lain-lain untuk dijadikan camilan maupun untuk menu makan sehari-hari.


2. Blueberry

Buah yang tampak seperti leunca ini memiliki kandungan antioksi dan tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Jenis antioksidan yang terkandung dalam blueberry bermacam-macam diantaranya tannin, antosianidin, quercetin, myricetin, pterostilbene, kaempferol, asamklorogenat, vitamin A, vitamin C, sampai resveratrol. Antosianidin adalah antioksidan yang bisame redakan peradangan dan mencegah kanker serta serangan jantung. Sedangkan vitamin A dan vitamin C berfungsi untuk menjaga dayatahan tubuh.

3. Stroberi

Masih termasuk buah berry, stroberi kaya akan asam elagat. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa asam elagat dalam stroberi bisa meningkatkan kemampuan quercetin untuk membunuh selkanker. Selain itu, stroberi juga bisa meningkatkan kadar antioksi dan dalam darah yang bisamenurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Anggur

Buah ini mempunyai berbagai macam antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Antioksidan yang paling menonjol adalah resveratrol yang berfungsi untuk melindungi sistem saraf dan otak. Resveratrol juga efektif dalam mencegah penyakit degeneratif, menurunkan tekanan darah, menghambat perkembangan selkanker, dan menjaga kesehatan jantung. Dalam anggur juga terkandung proantosianidin, antosianin, kaempferol, lutein, tannin quercetin, beta karoten, zeaxanthin, dan lain-lain. Bukan cuma anggur ternyata masih banyak juga Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi lainnya.

5. Bayam

Selain memiliki kadar zat besi tinggi, bayam juga memiliki kandungan antioksidan berupa beta karotendan lutein. Bayam bisa dimasukkan kedalam menu sehari-hari dengan cara ditumisa taupun dibuat sop.

6. Cabai dan Tomat

mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan beberapa mineral pentinglainnya. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan antioksidan seperti beta karoten, karotenoid, lutein, likopen, dan beta cryptoxanthin. Kedua baha ini adalah obat herbal yang bagus untuk mengobati panas dalam atau sariawan.

7. Buah Jeruk

Bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang banyak pada jeruk bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal, mencegah pengeroposan tulang, mencegahasma, mencegah anemia, membantu terhindar dari penuaandini, dan membantu menurunkan kolesterol.

Buah atau punsayur lain yang memiliki kandungan antioksidan tinggi diantarany aadalah blackberry, raspberry, cranberry, plum, ceri, apel, apricot, kismis, paprika merah, bit, ubijalar, terong, kunyit, cabai, dan lain-lain.

Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi yang sangat istimewa, maka dari itu maka sangat di sayangkan bila kita jarang mengkonsumsi buah dan sayur, sebab dapat membuatn badan lebih sehat dan terhindar dari penyakitt penyakit mengerikan yang ditimbulkan dari radikal bebas.

By Irman Firmansyah - Hidup Sehat Kamis, 11 Agustus 2016 10:35:50

Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tangkal radikal bebas dengan mengkonsumsi buah san sayur sebab Buah dan Sayur Yang Mengandung Antioksidan Tinggi
Hidup Sehat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Hidup Sehat
7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Daun Pepaya Untuk…

Hidup Sehat
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat dan Efektif

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan…

Hidup Sehat
Waspadai Alergi Makanan, Kenali Jenis Makanannya Lalu Jauhi

Alergi makanan merupakan sebuah reaksi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top