Tanya Herbal

6 Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Sebagai sayuran yang menyehatkan, manfaat kol untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Sayuran ini mengandung banyak serat dan penting untuk kesehatan. Asal muasal kol adalah dari wilayah Eropa yang kemudian tersebar luas ke berbagai belahan bumi. Ratusan jenis kol dibudidayakan di seluruh dunia. Beberapa menyebut kol sebagai kubis.


Kol biasanya dipakai dalam berbagai hidangan misalnya sayur sop, karedok, maupun salad. Kandungan yang terdapat dalam kol diantaranya adalah zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, kalium, asam folat, dan ripoflavin. Kandungan gizi yang terdapat dalam kol bagus untuk membantu menjadikan proses metabolisme berjalan dengan baik. Berikut kami rangkum 6 manfaat kol untuk kesehatan tubuh.

1.Manfaat kol untuk pembentukan sel darah merah

Zat besi adalah kandungan yang terdapat di dalam kol. Karena kandungan zat besi pula kol bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah agar lebih produktif. Orang yang rutin mengonsumsi kol akan terhindar dari gejala anemia. Selain dimasak, kol juga bisa dijadikan minuman berupa jus yang dicampur dengan jeruk.


2.Manfaat kol untuk mencegah kanker

Golongan kubis seperti kol mengandung zat yang bisa memerangi sel kanker dalam tubuh. Cara kerja zat tersebut adalah dengan menahan laju pertumbuhan sel-sel tumor atau bakal kanker. Dalam sebuah penelitian di China, perempuan yang rutin mengonsumsi sayuran seperti kol dan brokoli akan mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara.


3.Manfaat kol untuk mengontrol tekanan darah tinggi

Dalam kol terkandung kalium yang baik diandalkan untuk mengurangi gejala hipertensi. Karena kandungan kaliumnya tinggi, kol merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi penderita hipertensi atau darah tinggi.


4.Manfaat kol untuk memperkuat sistem imun

Kandungan vitamin C pada kol membuatnya memiliki kemampuan untuk membuat sistem imun lebih kuat pada tubuh orang yang rutin mengonsumsinya. Vitamin C juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit sama halnya seperti manfaat minyak almond dan manfaat minyak zaitun.


5.Manfaat kol untuk detoksifikasi tubuh

Selain tinggi akan kandungan vitamin C, kol juga tinggi sulfur yang bisa menghilangkan radikal bebas atau racun dalam tubuh. Radikal bebas ini menjadi penyebab penyakit kulit, rematik, artritis, dan asam urat.


6.Manfaat kol untuk menurunkan berat badan

Kol adalah sayuran yang paling direkomendasikan untuk orang yang sedang ingin berat badannya turun. Kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi di dalamnya membuat kol menjadi makanan yang tinggi serat dan rendah kalori sehingga membuat berat badan stabil jika rutin mengonsumsi kol.

Pembahasan 6 manfaat kol untuk kesehatan tersebut masihlah sedikit, masih ada manfaat manfaat kol untuk kesehatan lainnya yang bisa anda dapatkan, jika anda penasaran dengan manfaat kol untuk kesehatan lainnya kami telah menyediakan laman tanya jawab untuk anda yang mengakses situs kami.


Untuk anda yang ingin bertanya silahkan klik laman konsultasi kesehatan, bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan atau pengobatan herbal, anda bertanya kami menjawab.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 10 Agustus 2016 07:40:25

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Epididimitis, Radang Pada Epididimis

Nyeri pada testi? hati hati…

Kesehatan
Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka…

Kesehatan
Makanan Yang Membantu Tubuh Menyerap Zat Besi Lebih Cepat

Makanan yang membantu tubuh menyerap…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top