Tanya Herbal

Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit

Ketoconazole adalah sebuah obat yang dipakai untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit seperti panu, kurap pada kaki maupun selangkangan, dan ketombe. Cara kerja obat ini adalah dengan membunuh jamur penyebab infeksi sekaligus mencegahnya datang kembali. Obat resep yang berbentuk krim untuk oles serta sampo ini bisa dipakai hanya untuk orang dewasa.


Peringatan Penggunaan Obat Jamur Ketoconazole

Perempuan yang sedang hamil, sedang merencanakan kehamilan, dan sedang menyusui sebaiknya menyesuaikan penggunaan ketoconazole sesuai dengan anjuran dokter. Sebaiknya pasien menggunakan obat ini dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh dokter agar jamur penyebab infeksi benar-benar hilang dan tidak datang lagi. Segera temui dokter jika infeksi tidak kunjung membaik setelah Ketoconazole dipakai selama empat minggu.

Aturan Pakai Obat Ketoconazole

Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit ini hanya bisa dipakai sebagai obat luar. Tidak dianjurkan untuk mengoleskannya pada kulit yang tergores, luka, maupun terbakar. Jika overdosis ataupun alergi terjadi, segera konsultasi kesehatan ke dokter ahli. Dosis Ketoconazole disesuaikan dengan jenis infeksi serta tingkat keparahan penyakit yang diderita.

Ketoconazole yang berbentuk krim umumnya dioleskan 1 sampai 2 kali sehari di bagian yang terinfeksi. Sementara obat yang berbentuk sampo bisa dipakai satu sampai dua kali dalam seminggu. Untuk kondisi tertentu, dokter bisa saja menganjurkan penggunaan sampo lebih sering. Namun hanya untuk jangka waktu yang pendek.

Pakai Ketoconazole dengan benar, dan sesuai dengan anjuran dokter. Tidak lupa untuk membaca keterangan yang telah terdapat pada kemasan. Jangan berhenti memakai obat jamur kulit ini sebelum jangka waktu yang telah disarankan oleh dokter. Sekalipun infeksi tampaknya sudah sembuh. Hal tersebut dikarenakan jamur berpotensi kembali tumbuh.

Sebelum Ketoconazole dioleskan, bersihkan serta keringkan dulu bagian yang terinfeksi. Krim ini tetap dipakai sampai 2-3 hari setelah infeksi sembuh agar jamur tidak tumbuh kembali. Tidak lupa untuk mencuci tangan usai mengoleskan ketoconazole agar penyebaran infeksi kebagian tubuh lain bisa terhindar.

Untuk penggunaan sampo ketoconazole, ratakan busa sampo sampai menutupi seluruh kulit kepala dan rambut. Selanjutnya, diamkan 3 sampai 5 menit sebelum dibilas sampai bersih. Usahakan tidak mengenai mata. Jika terkena, segera basuh dengan air bersih. Jika penggunaan ketoconazole selama satu minggu tidakmenyembuhkan infeksi jamur pada kaki, periksakan diri ke dokter. Begitu juga jika infeksi pada selangkangan tidak kunjung membaik usai menggunakan krim ketoconazole satu setengah bulan dan ketombe tidak kunjung menghilang setelah sampo ketoconazole digunakan selama satu bulan.

Ketahui Efek Samping Ketoconazole

Efek samping dari Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit ini diantaranya adalah :

  • Iritasi ringan
  • Gatal-gatal
  • Sensasi perih atau terbakar pada kulit
  • Kulit menjadi bengkak dan merah.

Jika terjadi efek samping serius seperti kulit melepuh dan reaksi alergi lainnya, segera hubungi dokter.


By Nandang Rohimat - Obat Kimia Selasa, 09 Agustus 2016 08:37:07

Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit seperti panu, kurap pada kaki maupun selangkangan dan ketombe. Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Azithromycin, Antibiotik Makrolida Untuk Infeksi Karena Bakteri

Azithromycin, Antibiotik Makrolida Untuk Infeksi…

Obat Kimia
Clonazepam, Obat Penurun Frekuensi Kejang-Kejang

Clonazepam obat penurun frekuensi kejang-kejang…

Obat Kimia
Antihistamin, Obat Untuk Mengatasi Alergi

Antihistamin merupakan obat maupun komponen…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top