Tanya Herbal

Erythromycin Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Akut

Erythromycin Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Akut

Erythromycin adalah sebuah obat yang dipakai untuk mengatasi berbagai macam infeksi bakteri akut seperti infeksi mata, infeksi kulit, infeksi telinga, pernafasan, dan saluran kemih. Obat yang tergolong antibiotik makrolida ini baik untuk mencegah kambuhnya serangan demam rematik pada pasien yang mempunyai alergi terhadap penisilin dan antibiotik sulfa.

Dalam mengatasi infeksi bakteri, cara kerja erythromycin adalah dengan membunuh bakteri penyebab infeksi tersebut. Obat ini bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Karena termasuk golongan antibiotik, obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi karena virus seperti pilek dan flu.


Obat yang berbentuk kapsul, cairan yang diminum, serta tablet ini tidak bisa sembarangan dikonsumsi oleh perempuan hamil maupun menyusui, serta perempuan yang sedang merencanakan kehamilan. Dosis erythromycin untuk anak-anak sebaiknya tanyakan langsung pada dokter. Waspadai jika obat ini diderita orang yang mengalami gangguan otot seperti myasthenia gravis, gangguan darah atau porfiria, kelainan detak jantung, serta masalah pada organ hati dan ginjal. Jika terjadi alergi, konsultasi langsung pada dokter.

Dosis erythromycin obat untuk mengobati infeksi bakteri akut untuk orang dewasa biasanya ada pada takaran 250 sampai 400 miligram setiap 4 sampai 6 jam sekali. Dokter bisa memberikan dosis erythromycin sampai dengan 4000 miligram perhari jika perlu. Umumnya dosis akan disesuaikan dengan tingkat keparahan, infeksi yang diobati, serta kondisi kesehatan pasien.

Durasi pengobatan menggunakan erythromycin cukup bervariasi salah satunya disesuaikan dengan tingkat keparahan infeksi. Pengobatan untuk infeksi akut akan berlangsung 5 hari sampai dengan 2 minggu. Sementara untuk pasien anak-anak, dosisnya akan disesuaikan dengan berat badan.

Sebaiknya konsumsi erythromycin dengan benar. Ikuti saran dari dokter serta biasakan untuk membaca informasi pada kemasan erythromycin sebelum mengonsumsinya. Telan kapsul dan tabletnya menggunakan air dan tidak dianjurkan untuk mengunyahnya terlebih dahulu. Antibiotik ini dapat dikonsumsi setelah maupun sebelum makan.

Pastikan untuk memberi jarak waktu antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Upayakan untuk mengonsumsi obat ini di jam yang sama setiap hari agar efeknya maksimal. Pasien yang lupa mengonsumsi erythromycin, sebaiknya segera meminumnya saat ingat dengan catatan dosis selanjutnya tidak terlalu dekat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis di jadwal berikutnya jika dosis sebelumnya terlewat.

Pastikan untuk menghabiskan semua dosis yang diberikan dokter meski kondisi sudah membaik. Hal tersebut harus dilakukan supaya infeksi tidak datang kembali. Jika kondisi tidak membaik, periksakan diri ke dokter. Kenali efek samping erythromycin seperti gangguan perut seperti kram dan nyeri, diare, mual, dan muntah.

By Ari Hermansyah - Obat Kimia Selasa, 09 Agustus 2016 08:14:12

Erythromycin Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Akut
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Erythromycin obat untuk mengobati infeksi bakteri akut seperti infeksi mata, infeksi kulit, infeksi telinga, pernafasan, dan saluran kemih.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Otopain Obat Tetes Untuk Telinga

Otopain Obat Tetes Untuk Telinga…

Obat Kimia
Clenbuterol, Zat Untuk Mengobati Gangguan Pernafasan

Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan,…

Obat Kimia
Digoxin Obat Untuk Gagal Jantung Kongestif

Digoxin merupakan salah satu obat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top