Tanya Herbal

Captopril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin

Captopril merupakan obat yang berfungsi untuk mengobati gagal jantung dan hipertensi. Cara kerja dari Captopril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin ini adalah dengan menghambat dengan cepat enzim pengubah angiotensin. Produk ini juga mempunyai fungsi untuk melindungi jantung setelah terjadi serangan dari penyakit jantung dan juga menangani penyakit ginjal yang disebabkan oleh nefropati diabetes maupun diabetes.


Dengan menghambat produksi angiotensin, 2 dinding pembuluh darah akan lebih terasa rileks sampai tekanan darah bisa turun, sehingga suplai oksigen dan darah ke organ jantung pun akan meningkat. Perlu anda ketahui, obat ini bisa dikombinasikan dengan obat hipertensi lainnya yang banyak tersedia di Apotik. Untuk penderita gagal jantung, obat Captopril bisa membantu untuk mengurangi kadar cairan yang berlebihan dalam tubuh, sehingga membuat organ jantung lebih ringan dan juga memperlambat perkembangan penyakit gagal jantung.

Resep obat yang satu ini berjenis ACE inhibitor atau penghambat enzim paling utama. Jenis Captopril yang berbentuk tablet, hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Obat ini dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, ibu yang sedang merencanakan kehamilan, dan ibu menyusui. Selama obat ini dikonsumsi oleh anda, sebaiknya anda tidak dulu mengoperasikan alat berat atau mengemudi, karena itu bisa menyebakan pusing nantinya.

Hati-hati, jika Captopril ini dikonsumsi oleh orang yang menderita gangguan hati, gangguan ginjal, dehidrasi, penyakit vascular perifer, atesklerosis, lupus, kardiomiopati, scleroderma, stenosis aorta, dan yang terakhir angiodema. Apabila penderita penyakit-penyakit tersebut ingin mengonsumsi Captopril, lakukan Konsultasi Kesehatan dulu ke dokter untuk mengetahui prosedur medis apapun karena jika dipakai bersamaan dengan obat bius, obat ini bisa memicu tekanan darah yang terlalu rendah.

Dosis Captopril umumnya disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi pasien dan respon tubuh terhadap obat. Dosis maksimal produk obat ini adalah 150 mg perhari. Berikut kami jelaskan takaran umum dalam mengonsumsi Captopril :

  • Untuk penyakit Hipertensi, dosisnya 12,5 – 25 mg sebanyak 2 kali sehari.
  • Untuk penyakit Gagal Jantung, dosisnya 6,25 – 12,5 mg sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.
  • Untuk penyakit pasca Serangan Jantung, dosisnya 6,25 – 12,5 mg sebanyak 1 kali sehari.
  • Untuk penyakit Nefropati Diabetes, dosisnya 75 - 100 mg sebanyak 1 kali sehari.

Untuk penderita gagal jantung, hipertensi, dan serangan jantung, dokter biasanya akan merevisi dosis dan meningkatkannya secara bertahap sampai dengan 150 mg perharinya. Captopril ini bisa dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan. Dianjurkan untuk mengonsumsinya sebelum tidur, agar rasa pusing bisa terlupakan saat tidur. Untuk penderita Diabetes, rutinlah memeriksa kadar gula darah selama mengonsumsi produk obat ini. Captopril berpotensi membuat kadar gula darah meningkat.

Kenali efek samping penggunaan obat ini seperti mual dan muntah, batuk kering, gangguan pencernaan, rambut rontok, konstipasi atau diare, susah tidur, dan mulut kering. Jika mengalami efek samping seperti ruam parah pada kulit dan bagian putih mata menjadi menguning, segera hubungi dokter secepatnya.

By Raka Dimas - Obat Kimia Senin, 08 Agustus 2016 10:10:39

Captopril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut adalah penjelasan tentang Captopril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin yang harus anda ketahui hanya disini.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit

Ketoconazole Obat Untuk Mengatasi Jamur…

Obat Kimia
Dopamine, Obat Jantung dan Gagal Ginjal

Dosis dopamine untuk setiap pasien…

Obat Kimia
Attapulgite Obat Untuk Mengatasi Diare

Attapulgite merupakan obat yang bisa…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top