Tanya Herbal

Ciri Ciri Penderita Penyakit Radang Selaput Otak

Meningitis adalah penyakit berupa peradangan yang melindungi selaput (meningen) otak dan sumsum tulang belakang dan umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus.  Meningitis berisi komenyerang beberapa kelompok usia tertentu seperti bayi, balita, anak-anak yang merupakan usia paling berisiko terkena meningitis dengan lebih dari 50 persendari kasus meningitis terjadi pada kelompok usia ini. Selain itu, bisa juga mengenai remaja usia 15 sampai 19 tahun dan orang dewasa.

Pada orang yang berusia di atas 55 tahun, meningitis bisa terjadi seiring dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Ciri Ciri Penderita Penyakit Radang Selaput Otak pada tahap awal,  gejala ini mirip dengan penyakit umum seperti flu,  jadi waspada terhadap semua ciri-ciri dan gejala.
 
Radang selaput otak bisa disebabkan virus, bakteri, maupun parasit.Meningitis yang disebabkan infeksi bisamenular.  Penularannya bisa terjadi dari orang ke orang lewat bersin, batuk, sertaber ciuman dengan penderita. Sementara meningitis akibat virus akan menular dengan cara berbeda. Yakni lewat kontak tinja yang terinfeksi atau bisa juga menyebar lewat tetesan yang dilepas dengan batuk dan bersin.



Gejala atau Ciri-ciri Penderita Penyakit Radang Selaput Otak atau meningitis diantaranya adalah menolak makanan dan muntah,  demam disertai kaki dan tangan dingin, nyeri otot,  mengantuk, nafas cepat, kurang responsif, kulit pucat,  kejang-kejang, badan tegang dan kaku, menangis, leher kaku, dan tidak menyukai cahaya terang.

Meningitis ada beberapa jenis.  Pertama adalah viral meningitis. Penderita akan mengalami sakit kepala, kehilangan memori, dan kelelahan.  Meski jenis meningitis ini tidak begitu mengancam jiwa, namun kebanyakan orang yang mengalaminya harus mendapatkan pemulihan total. Selain itu, ada juga meningitis bakteri yang memiliki gejala seperti adanya bercakdan kondisi seperti sedang flu. Berbeda dengan viral meningitis, meningitis bakteri bisa mengancam jiwa dan sangat memerlukan perhatian medis. Meningitis jenis ini seringnya menyerang anak-anak kecil dan bayi.

Bakteri yang menyebabkan meningitis disebut dengan meningokokus dan septi caemia. Bakteri tersebut berjenis bakteri pathogen pembawa penyakit yang berada dalam darah begitu masuk kedalam tubuh. Di tahap awal,  gejalanya mirip dengan penyakit flu biasa.Namun jika terjadi hal-hal lain, maka segeralah hubungi dokter atau konsultasi ke Tanya Herbal.  Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan jika mencurigai bahwa anak Anda terserang meningitis.

Dengan begitu jaringan otak yang membengkak, tekanan di dalam tengkorak akan meningkat dan otak yang membengkak dapat juga mengalami herniasi melalui dasar tengkorak. Hal ini terlihat dari menurunnya kesadaran atau hilangnya refleks pupil terhadap cahaya dan psotur tubuh abnormal. Terjadinya ini pada jaringan otak juga dapat menyumbat aliran normal LCS di otak.

1.Selalu monitor kesehatan anak Anda. Insting orang tua akan lebih kuat untuk mengetahui kondisi kesehatan anak.
2.Cari tahu dan banyak bertanya mengenai meningitis kepada dokter.
3.Cari bantuan medis karena orang yang terkena meningitis masih bisad di selamatkan nyawanya jika cepat ditangani.
4.Biasakan anak Anda untuk menjaga kebersihan seperti rutin mencuci tangan sebelum makan.
5.Tutuplah hidung dan mulut saat bersin.

By Vicky Moch Firdaus - Meningitis Sabtu, 06 Agustus 2016 11:16:44

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top