Tanya Herbal

Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Seseorang yang mengalami kekurangan sel darah putih disebut menderita leukopenia. Penyakit ini terjadi saat sel yang bertugas melawan penyakit atau leukosit mengalami penurunan batas ambang, jumlah sel darah putih berbeda-beda menurut beberapa praktik medis. Orang sehat bisa saja memiliki jumlah sel darah putih lebih rendah dari jumlah yang dianggap normal. Jumlah 4000 per microliter umumnya dianggap rendah. Namun sekali lagi, ambang batas rendah ditentukan oleh faktor-faktor tertentu seperti jenis kelamin dan usia.

Sebelum menjelaskan inti dari artikel ini tentang cara menambah sel darah putih secara alami, ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kekurangan sel darah putih. Selain karena dipengaruhi obat-obatan tertentu seperti diuretic dan antibiotik, leukopenia juga bisa di sebabkan karena kemoterapi, HIV/AIDS, leukemia, terapi radiasi, kekurangan vitamin, parasit, malnutrisi, infeksi, hipersplenisme, dan lain-lain.


Cara menambah sel darah putih secara alami

Cara menambah sel darah putih secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan makanan sehat. Berikut ini kami berikan contoh makanan yang bagus dikonsumsi penderita leukopenia.

1. Minyak kelapa.

Rutinlah minum satu sendok minyak kelapa setiap hari. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, tetapi juga bermanfaat untuk membuat rambut bersinar dan melembutkan kulit.

2. Mengonsumsi makanan mentah.

Pernahkah Anda mendengar istilah raw food ? Raw food adalah makanan untuk dikonsumsi tanpa di olah terlebih dahulu. Untuk mencegah dan mengatasi penyakit leukopenia, mengonsumsi makanan mentah bisa jadi solusi terbaik sebagai salah satu cara menambah jumlah sel darah putih secara alami . Namun pilihlah makanan alami seperti sayuran. Anda bisa rutin mengonsumsi wortel, kubis, brokoli, danlettuce.

3. Rutin berolahraga.

Cara menambah sel darah putih secara alami bisa dengan rutin menggerakan tubuh. Anda bisa memilih olahraga berupa yoga yang tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesehatan jiwa.

Karena memiliki penyakit leukosit berisiko membuat tubuh menjadi rentan terhadap infeksi, maka sebaiknya konsultasi kesehatan Anda dengan dokter untuk menghindari penyakit menular. Rajin mencuci tangan dengan teratur dan komplit. Jika perlu, pakai masker wajah untuk menghindari orang yang sedang terkena flu atau penyakit menular lainnya.

Biasanya dokter akan melakukan pemberian obat dalam menjaga leukosit pada tingkat normal. Hal tersebut dilakukan agar Anda memiliki system kekebalan tubuh yang sehat. Secara spesifik, dokter juga akan memberikan masukan mengenai menu makanan harian yang menjadi salah satu Cara menambah sel darah putih secara alami.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga kadar sel darah putih dalam tubuh agar selalu normal. Diantaranya adalah makanan yang mengandung zinc seperti almond, tiram, biji bunga matahari, kacang tanah, daging mentah, buncis, dan hati.

By Agung Ramdani - Kesehatan Sabtu, 06 Agustus 2016 10:26:38

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan…

Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Suplemen

Manfaat Mengkonsumsi Suplemen. fungsi suplemen.…

Kesehatan
Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top