Tanya Herbal

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Makanan adalah sumber nutrisi dan tenaga kita setiap hari, terkadang makan dapat menjadi hal yang rumit bagi penderita asam lambung tinggi. Tidak sedikit makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung untuk mencegah kambuh atau naiknya asam lambung yang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari.

Asam lambung yang tidak normal awal nya dipicu oleh kegiatan yang kurang sehat, seperti telat makan, kurang tidur, banyak minum kafein, alkohol, makanan pedas dan minum-minuman bersoda.


Asam lambung yang sudah parah dapat dengan mudah kambuh jika si penderita salah mengonsumsi makanan atau tidak mengatur pola makanan yang sehat. Yang dirasakan ketika asam lambung itu naik adalah perut kembung, sering bersendawa, perut perih dan panas, panas di ulu hati, kepala pusing bahkan muntah dan pusing.

Oleh sebab itulah, memang ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung demi kelancaran aktifitas sehari-hari. Meskipun begitu, sebetulnya ada beberapa obat alami yang ampuh untuk mengobati asam lambung, dan itu sangat mudah seklai didapatkan. Bumbu dapur, kunyit dan bawang putih adalah bumbu dapur yang selalu tersedia, siapa sangka ternyata khasiat bawang putih dan kunyit sangat baik untuk kesehatan lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung yang sudah tinggi:

  1. Makanan pedas
    Untuk yang pertama ini pasti Anda setuju dengan efek samping nya. Seringkali kita merasakan perut mulas dan panas setelah mengonsumsi makanan pedas, akan lebih parah lagi jika makanan pedas dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

  2. Makanan berlemak dan gorengan
    Efek dari makanan ini sebetulnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, informasi yang sudah didapatkan adalah, jika perut terlalu banyak menerima lemak, otot pencernaan akan menjadi lemah untuk bergerak dan menyebabkan kandung empedu berkontraksi. Selain itu, makanan berlemak juga sukar untuk diproduksi dalam lambung dan akhirnya lama untuk mengosongkan lambung. Akibatkanya dapat berdampak pada sembelit dan menyebabkan diare.

  3. Makanan dan minuman dengan pemanis
    Fruktosa atau makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan ternyata dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan menyebabkan dispepsia atau asam lambung tinggi. Semua itu dapat terjadi karena pemanis buatan yang masuk kedalam tubuh tidak dapat dicerna oleh lambung sebelum akhirnya sampai ke usus.

  4. Alkohol
    Alkohol adalah jenis minuman yang sangat di larang untuk dikonsumsi, karena pengaruh alkohol tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan lambung saja, melainkan seluruh anggota tubuh. Terlalu sering mengonsumsi alkohol dapat memperburuk dinding usus dan menyebabkan gangguan pencernaan.

  5. Minuman ber kafein
    Kopi, teh, soda dan cokelat adalah minuman yang mengadung kafein dan dapat mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan. Apabila jenis minuman ini dikonsumsi secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan penderita asma lambung akan mengalami perut kembung, mual bahkan hingga diare dan memperburuk masalah pencernaan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung demi menjaga kesehatannya. Pastikan Anda terus menjaga kesehatan dan pola hidup sehat setiap harinya. Apabila keluhan yang Anda alami masih saja menggangu atau bahakan semakin parah, sebaiknya segera Anda jumpai orang yang ahli dalam bidang konsultasi kesehatan dan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

By Rahman Amaruloh - Kesehatan Jum'at, 05 Agustus 2016 09:12:12

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak sedikit makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung untuk mencegah kambuh atau naiknya asam lambung yang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria

Perut buncit biasanya disebabkan karena…

Kesehatan
Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Cara menambah sel darah putih…

Kesehatan
Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan

Informasi lengkap mengenai Difteri, Infeksi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top