Tanya Herbal

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Diare Herbal

Daun salam adalah tanaman yang bisa tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun. Manfaatnya sudah diketahui sejak jaman dulu yakni sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Adapun manfaat daun salam untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan oleh penelitian resmi ataupun independent.


Sedangkan zat gizi ataupun zat non-gizi yang disebut fitonutrien adalah kontributor utama manfaat daun salam sebagai pengobatan penyakit diantaranya asam urat, diabetes, kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi sampai membantu menurunkan berat badan.

Selain itu juga manfaat daun rempah yang satu ini bisa juga digunakan sebagai solusi pengobatan diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai diolah sebagai pasta gigi tradisional. Maka dari itu, telah terbukti dan teruji pemanfaatan tanaman daun salam tersebut tidak hanya sebagai bumbu masakan saja, melainkan bermanfaat sebagai obat diare herbal.

Untuk anda yang gemar memasak, manfaat daun salam kering untuk penyedap rasa makanan tidak pelu diragukan lagi. Tetapi, tahukan anda apabila jenis daun salam liar mempunyai rasa pahit serta bau kurang sedap?

Diantara Kandungan Daun Salam Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

- Minyak esensial mengandung eugenol dan metil kavikol
- Ekstrak etanol sebagai anti-jamur serta anti-bakteri
- Ekstrak metanol sebagai anti-cacing
- Kandungan kimia daun salam meliputi flavonoida, tannin dan minyak atsiri
- Vitamin B kompleks dan vitamin C berguna sebagai penurun kadar asam urat

Tips Memilih Daun Salam Untuk Diramu Sebagai Obat Herbal

- Pilih yang daunnya lebar, warnanya hijau cerah dan terlihat segar.
- Untuk daun kering, pilih yang tidak mudah patah dan tidak berlubang.

Beberapa Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Selain Untuk Obat Diare

1. Mengharumkan masakan
Campurkan daun segar maupun kering ke dalam masakan seperti daging, ikan, nasi atau sayur mayur agar aroma masakan lebih harum. Kandungan zat-zat alami di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengikutsertakan salam pada masakan anda.

2. Membuat gigi putih bersih
Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Rasakan khasiat daun salam kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.

3. Menurunkan kolesterol dan diabetes
Sediakan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.

4. Manfaat daun salam untuk diet
Bagi anda yang memiliki masalah berat berlebih, ramuan diet dari daun salam bisa anda coba untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Cuci 20 – 30 lembar daun kemudian rebus bersama 4 gelas air. Setelah tersisa 2 gelas, angkat dan tunggu hingga dingin. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas agar berat badan turun secara alami.

5. Mengobati kencing manis
Rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari supaya khasiat daun salam diserap oleh tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah
Sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum rebusan daun salam sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

7. Mengobati maag akut
Untuk anda yang menderita maag, manfaat daun salam dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

8. Mengatasi mabuk alkohol
Kegunaan tanaman salam yang satu ini tidak memanfaatkan daunnya melainkan buahnya. Cuci satu genggam buah salam masak, tumbuk dan peras airnya. Saring air perasan buah salam kemudian minum agar mabuk akibat alkohol cepat hilang.

9. Mengobati diare secara alami

Selain menggunakan buah jambu biji yang masih muda, daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Sediakan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

10. Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat
Sediakan 10 lembar daun salam kering atau jemur daun yang masih segar di bawah sinar matahari. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel dipermukaan sebelum mengolahnya menjadi obat tradisional.

Cara merebus daun salam untuk asam urat sebaiknya memakai panci, ketel, atau ceret. Rebus 10 gelas air bersih memakai api sedang, setelah mendidih kemudian kecilkan api. Masukkan 10 lembar daun salam kering lalu rebus lagi hingga air tersisa 7 gelas saja.

Supaya ramuan obat herbal dari daun salam ini bisa efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah, minum teratur 1-2 kali sehari. Simpan air rebusan pada wadah tertutup yang kedap udara supaya manfaatnya bisa bertahan selama 2-3 hari. Untuk hari berikuktnya, rebus (panaskan) sebentar sebelum diminum.

Hindari makanan yang tinggi zat purin seperti ikan sarden, makanan laut (kerang, cumi, udang), daging (bebek, angsa, burung), jeroan (hati, ampela, usus, otak, paru dll), ekstrak daging (kaldu instan), dan jenis makanan yang dibuat dengan bahan tambahan ragi seperti tapai, brem, donat, roti, dan beragam makanan fermentasi lainnya.

Catatan:
Supaya lebih baik lagi anda bisa konsultasi kesehatan anda terlebih dahulu ke dokter atau disini di www.tanyaherbal.com, sebelum anda menggunakan atau memanfaatkan daun salam tersebut. Semoga bermanfaat!

By Irmansyah - Obat Herbal Kamis, 04 Agustus 2016 11:53:10

Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Diare Herbal
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Khasiat dan Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Diare Herbal ternyata sudah diketahui sejal dari ajam dulu sebelum kita ada.
Obat Herbal - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Merk obat herbal untuk asam lambung yang bagus apa ya?

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Hallo Dok, Saya rani 25 tahun. Belakangan ini saya sering mengeluhkan sesak nafas dan terasa panas di bagian dada, Dan ini mungkin karena penyakit asam lambung saya yang kembali kambuh,…

  • Daun Salam Sebagai Obat Diare

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Siang pak admin ,,, saya mau tanya tolong penjelasannya biasanya kan ada jenis daun salam liar yang bisa ditemukan di hutan tuh, itu kan bisanya rasanya pahit katanya, nah, apakah…

  • Apakah Bawang Putih Bisa Mengobati Mata Bengkak ?

    2 Balasan

    Obat Herbal

    Ass.. Saya Mahrama berusia 22thn, rutinitas saya aktif didepan layar komputer. Tidak sengaja saya temukan situs "Tanya Herbal" ini. Untuk Admin, saya mau tanya. Saat ini saya mengalamai sakit mata,…


Obat Herbal
Jenis Obat Herbal Stroke Dari Tumbuhan

Berikut ini informasi lengkap tentang…

Obat Herbal
Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi Disentri

Manfaat Asam Jawa Untuk Mengatasi…

Obat Herbal
Obat Herbal Untuk Pencegahan Kanker Payudara Dari Sayuran

Sayuran memang banyak manfaatnya, ternyata…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top