Tanya Herbal

Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Bagi Kesehatan

Berolahraga merupakan kegiatan yang memang diharuskan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar senantiasa tetap sehat dan fungsi-fungsi dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Seperti yang telah disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan sekitar dua juta orang diseluruh Dunia meninggal akibat penyakit yang disebabkan gaya hidup malas dan kurang berolahraga. Maka dari itu Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Bagi Kesehatan ini sangat berisiko tinggi memicu masalah kesehatan dan datangnya penyakit.

Alasan Mengapa Olahraga itu Penting

Olahraga merupakan aktivitas yang mengharuskan tubuh untuk bergerak dan membuat denyut jantung meningkat sehingga peredaran darah beserta oksigen dan nutrisi akan berjalan secara optimal ke seluruh tubuh. Hal ini berbeda terbalik dengan orang yang malas berolahraga. Dimana suplai oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu dan otot-otot kekurangan oksigen yang membuat badan mudah pegal-pegal dan sering merasa kaku. Selain itu juga, dampak buruk yang terjadi ketika tubuh kekurangan oksigen adalah kinerja otak yang tidak optimal sehingga mudah mengalami pusing dan sulit untuk konsentarasi.


Namun, perlu diketahui juga, malas berolahraga juga akan berdampak terhadap kualitas kesehatan tubuh dan meningkatkan resiko timbulnya penyakit berbahaya dari kategori ringan hingga berat yang dapat mengancam Anda. Berikut ini Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Bagi Kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit Darah Tinggi

Berolahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan meringankan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya penyakit darah tinggi, berbeda dengan orang yang malas berolahraga yang cenderung memicu terjadinya penyakit darah tinggi, dan penyakit lain seperti ginjal dan stroke.

2. Penyakit Jantung

Kebiasaan menjalani aktivitas olahraga secara rutin akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kondisi ini tentunya akan menjaga Anda dari ancaman penyakit jantung dan hal berbeda akan terjadi jika kadar kolesterol jahat tinggi yang lebih berisiko terhadap ancaman berbagai penyakit kardiovaskuler.

3. Kanker Payudara

Seperti hasil penelitian yang dilakukan salah satu Universitas di Los Angeles yaitu University of Southern California yang mengungkapkan bahwa olahraga secara rutin dan teratur akan meminimalisir ancaman bahaya kanker payudara pada wanita. Selain itu juga, berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan, dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh serti meningkatkan sistek daya tahan tubuh yang berguna dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Menurut para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa orang yang malas berolahraga memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Tentunya obesitas ini merupakan salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya masalah pada kesehatan dan penyebab terjadinya penyakit seperti diabetes, darah tinggi dan jantung.

5. Osteoporosis

Malas berolahraga akan berdampak terhadap kesehatan tulang yang semakin lemah, sehingga akan berisiko terjadinya osteoporosis. Hal ini tentunya sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan tulang mudah keropos dan gampang patah.

6. Kencing Manis

Penyebab utama yang sering terjadi pada penderita kencing manis yaitu obesitas. Malasnya berolahraga akan membuat risiko obesitas meningkat dan tentunya akan memicu munculnya penyakit diabetes tipe 2 ini.

7. Mudah Stres dan Depresi

Olahraga merupakan aktivitas yang membuat keringat keluar dan memberikan aura positif bagi tubuh, salah satunya menurunkan tingkat stres dan pereda depresi. Dengan berolahraga maka akan menjaga keseimbangan hormon antara endoktrin dan sistem saraf.

Demikian informasi mengenai dampak buruk akibat malas berolahraga bagi kesehatan. Kami sarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan dengan menjaga gaya hidup sehat serta rutin berolahraga dan sering konsultasi kesehatan ke dokter supaya kesehatan Anda dapat terkontrol dengan baik.

By Nandang Rohimat - Kesehatan Selasa, 02 Agustus 2016 10:33:56

Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketahui Akan Bahaya dan Dampak Buruk Akibat Malas BerolahRaga Bagi Kesehatan yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang mematikan dan mengancam jiwa.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Penyakit Urin Sirup Maple

Penyakit urin sirup maple atau…

Kesehatan
Gastritis, Peradangan Pada Dinding Lambung

Penyakit yang sangat banyak di…

Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top