Tanya Herbal

Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit

Tato merupakan suatu karya seni lukis atau gambar yang media gambarnya adalah kulit atau tubuh manusia, tato ini dibagi menjadi 2 jenis ada yang permanen dan non permanen atau sementara. Tato ini dibuat dengan cara memasukan tinta atau suatu pigmen khusus yang dimasukan kedalam kulit melalui jarum khusus untuk mentato.  

Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat orang-orang tidak lagi mentato satu atau dua tato ditubuhnya. Banyak pencinta seni tato yang  mentato seluruh tubuh atau seluruh permukaan kulitnya. Mulai dari tangan, dada, punggung, kaki, atau bahkan sampai kepala mereka, tanpa mereka sadari Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit mereka.

Asal-usul Tato

Kata Tato berasalah dari bahasa Tahiti yaitu ‘tatu’ yang mana artinya adalah ‘menandakan sesuatu’. Didalam sejarahnya tato ternyata sudah digunakan sejak 3000 tahun sebelum masehi, terbukti dalam penemuan tato pada sebuah mumi di mesir. Dari situlah tato terus menyebar keseluruh penjuru dunia, bahkan sampai ke Indonesia tepatnya suku dayak di kalimantan.

Dan sampai sekarang tato telah dianggap suatu seni pada kulit yang dianggap lagi Trend. Mentato tubuh atau kulit ini bukan hanya digemari oleh kaum laki-laki saja, tetapi dalam kenyataanya banyak kaum hawa yang ternyata sangat suka memakai tato permanen atau non permanen. Karena sebagian wanita ini menganggap bahwa dengan bertato mereka akan terlihat mani dan cantik.

Sebagian lagi orang yang bertato menganggap dengan bertato akan membuat mereka terlihat dewasa membuatnya tampak lebih seram atau sangar sehingga datakuti banyak orang. Dengan kata lain secara umum pemakaian tato ini dapat membuat tampil percaya diri.

Dibalik pemanfaatan tato sebagai sarana mendongkrak rasa percaya diri tersebut, adakah efek dari tato tersebut dalam kesehatan kulit kita? Yang mana tadi disebutkan bahwa Tato dibuat dengan cara memasukan tinta atau suatu pigmen khusus yang dimasukan kedalam kulit. Nah, sudah tahu kah kita Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit.? berikut penjelasannya.

Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit

Pemakaian tato tentunya memiliki efek positif atau pun negatif tergantung orang tersebut dalam menanggapinya seperti bertato untuk meningkatkan percaya diri. Tapi sayangnya, karya seni tato ini adalah salah satu karya seni yang memungkinkan terjadinya berbagai reaksi pada kulit. Untuk itu, sebelum ingin memiliki tato ada baiknya fikirkan dengan serius atau konsultasi terhadap dokter kulit, untuk meminimalisir terjadinya gangguan Kesehatan kulit. Berikut ini Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit, yaitu :

Infeksi Pada Kulit

Tinta tato ini sangat berperan dalam timbulnya infeksi pada kulit kita, dikarenakan kandungan tato yang sering kali mengandung bakteri tertentu. Tinta tato adalah zat pewarna yang berisi pigmen. Namun dalam kenyataannya jenis zat dan kandungan utama nya tidak bisa dijelaskan 100% dikarenakan perusahaan produksi tinta tersebut tidak diwajibkan untuk menguraikannya ke khalayak umum, sebab tinta bukan merupakan suatu obat atau untuk dikonsumsi manusia.

Karena kandungan tinta yang berupa pigmen sintetis inilah yang menjadikan tinta tato diragukan keselamatan dalam penggunaannya. Dalam penelitian Denmark tahun 2011 yang meneliti 58 botol tinta tato yang dibuat di Amerika dan Inggris Raya. Yang hasilnya mereka menemukan 10% dari botol yang masih bersegel tersebut tidak steril dan mengandung bakteri.

Beberapa bakteri ataupun virus yang sering ditemukan pada tinta tato yang menjadi penyebab infeksi kulit tersebut yaitu bakteri mycobacterium leprae, staphylococcus,  verus herpes simples, serta bakteri mikrobakterium atipik.

Infeksi kulit ini akan menyebabkan ruam pada lokasi tato yang akan mengakibatkan timbulnya gejala memerah dibagian kulit lokasi tato, gatal, luka, dan muncul gelembung dari permukaan kulit, atau sampai mengeluarkan cairan dan nanah.

Itulah Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit yang akan timbul jika pemilihan tinta dan peralatan yang kita gunakan tidak steril. Sekarang kita sudah tau memang tato memiliki manfaat besar utnuk membuat percaya diri. Dan disisi lain pulan kita juga harus tau ternyata Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit sangatlah merugikan kita.

Dan bagi Anda yang ingin membuat tato lebih baik pertimbangkan kembali. Karena, bukan hanya dicap tidak baik oleh masyarak, agama dan Negara, ternyata sangat banyak Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Pada Kulit yang digunakan dalam tato tersebut.

By Agung Ramdani - Kesehatan Sabtu, 30 Juli 2016 11:14:29

Bahaya dan Efek Samping Tinta Tato Untuk Kulit
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya dan efek samping tinta tato untuk kesehatan bisa mengakibatkan infeksi pada kulit
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Jamur Langzhi

Manfaat jamur lingzhi sebagai ramuan…

Kesehatan
Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Untuk anak dengan gejala demam…

Kesehatan
Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan Delapan Cara Ampuh Ini

Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top