Tanya Herbal

Waspadai Dehidrasi Karena Diare, Terutama pada Anak

Waspadai Dehidrasi Karena Diare, Terutama pada Anak -, Pernahkah Anda buang air besar dengan tinja berupa air atau bahkan dibarengi dengan angin ditambah frekuensi buang air besarnya menjadi lebih sering? Anda dipastikan terkena diare. Gejala diare pada setiap orang sebenarnya berbeda - beda. Terkadang ada yang mengalami hanya sakit perut singkat disertai tinja yang tidak begitu encer, ada juga yang mengalami sakit perut dengan tinja encer. Diare jangka panjang akan membuat penderita ingin buang air besar terus.


Selain itu, ada pula gejala diare lainnya seperti sakit kepala, hilang nafsu makan, mual, dan muntah. Sebenarnya diare bisa pulih dengan sendirinya dalam waktu dua sampai empat hari. Tetapi Anda pun dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami diare lebih dari empat hari bahkan setiap malam sampai mengganggu waktu tidur Anda.

Pada anak - anak, diare cenderung lebih lama yakni sekitar 5 hari sampai 7 hari. Jika diare berlangsung lebih lama dari itu bahkan disertai dengan muntah, mencret parah, disertai dengan adanya darah pada tinja, segera bawa anak ke dokter. Pemeriksaan dengan segera perlu dilakukan terutama jika bayi buang air besar sampai enam kali atau lebih dalam satu hari.

Diare yang parah serta berkelanjutan bisa menyebabkan dehidrasi. Mohon tidak menganggap enteng dehidrasi karena bisa berkibat pada kematian. Gejala dehidrasi pada anak - anak meliputi cepat mengantuk, rewel, serta kondisi tubuh yang menurun. Tidak hanya itu, anak juga menjadi jarang buang air kecil, kulit menjadi pucat, serta tangan dan kaki terasa dingin. Pada orang dewasa, gejalanya berupa hilang nafsu makan, lelah atau kurang tenaga, mual dan pusing, serta pening saat berdiri. Jantung pun terasa berdebar, mata cekung, otot terasa kram, serta lidah terasa kering.

Saat seseorang terkena diare, tinjanya menjadi encer karena cairan yang disekresikan dalam usus berjumlah banyak. Kondisi juga bisa berupa sebaliknya yakni cairan dalam usus tidak bisa diserap serta diedarkan ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut dipengaruhi banyak faktor yang juga dapat menjadikan diare berlangsung lama ataukah singkat.


Diare jangka pendek umumnya disebabkan karena bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan seperti clostridum difficile, campylobacter, salmonella, Escherichia coli, serta shigella. Bisa juga disebabkan karena infeksi virus, parasit giardia intestinalis, alergi makanan, radang usus buntu, kerusakan lapisan usus karena radioterapi, makanan yang mengandung pemanis buatan, masalah psikologi seperti cemas berlebih, mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan, intoleransi fruktosa, serta efek samping obat - obatan tertentu seperti antibiotik, obat pencahar, antasida yang mengandung magnesium, dan obat antiinflamasi.

Itulah sekian informasi kesehatan tentang Waspadai Dehidrasi Karena Diare, Terutama pada Anak yang dapat saya sampaikan semoga dengan artikel ini anda dapat terbantu dan pastinya informasi ini menambah pengetahuan tentang kesehtan bagi anda. Bagi anda yang ingin tahu informasi seputar kesehatan lainya bisa atau ingin berkonsultasi tentang informasi masi terkain bisa langsung anda tanyakan disini, di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 28 Desember 2016 14:40:21

Waspadai Dehidrasi Karena Diare, Terutama pada Anak
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut ini adalah informasi lengkap tentang Waspadai Dehidrasi Karena Diare, Terutama pada Anak Yang bis anada sima info slengkapnya disini.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Daun Meniran

Simak artikel hari ini dari…

Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Kesehatan
Waspadai Gejala-Gejala Depresi

Hati hati! Gejala depresi dengan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top