Tanya Herbal

Gastritis, Peradangan Pada Dinding Lambung

Gastritis, Peradangan Pada Dinding. Jika dilihat dari waktu terjadinya, penyakit ini dibagi menjadi gastritis akut yang muncul dengan mendadak dan cepat reda dan gastritis kronis yang muncul perlahan-lahan namun dalam waktu lama.

Lambung mempunyai sel-sel yang menghasilkan asam serta enzim yang bermanfaat untuk mencerna makanan. Dalam melindungi lapisan lambung dari inflamasi maupun pengikisan asam, sel-sel tersebut bisa sekaligus menghasilkan lapisan lendir yang fungsinya adalah untuk melindungi dinding lambung dari iritasi karena asam yang dihasilkan. Gastritis terjadi saat lapisan lendir rusak sehingga dinding lambung teriritasi.


Pada sebagian kasus, gejala gastritis biasanya berupa nyeri ataupun ngilu di perut bagian atas, muntah, dan hilang nafsu makan. Pada kasus yang parah karena adanya pengikisan serta pendarahan pada lapisan lambung, gejala yang terjadi berupa tinja menjadi berwarna hitam atau merah bahkan disertai dengan muntah darah.

Lakukan pengobatan dengan segera jika mengalami gastritis karena sebagian besar kondisi tersebut bisa sembuh dengan cepat usai diobati dengan benar. Sebaliknya, jika gastritis tidak diobati, maka efek jangka panjangnya bisa menimbulkan komplikasi misalnya tukak lambung, pendarahan hebat, serta kanker lambung.

Hal-hal yang membuat Gastritis, Peradangan Pada Dinding terjadi diantaranya karena makanan yang terlalu pedas, makanan dengan kadar asam tinggi, serta efek samping dari penggunaan obat-obatan pereda rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen. Jika gastritis dibiarkan, penyakit ini bisa juga berubah kronis. Kondisi tersebut diperparah dengan infeksi bakteri H. Pylori, penggunaan narkoba berupa kokain, refluks cairan empedu, dan gangguan kesehatan berupa anemia pernisiosa, anemia karena lambung tidak dapat mencerna vitamin B12.

Diagnosis gastritis yang dilakukan dokter adalah dengan menanyakan pada pasien mengenai gejala yang sejauh ini dirasakan dan riwaat kesehatannya. Dari keterangan yang didapat, dokter akan menyimpulkan apakah pasien menderita gastritis atau bukan. Gastritis adalah kondisi dan bukan penyakit. Oleh karena itu penyebab dasarnya memang peril diketahui supaya penanganannya bisa dilakukan. Dalam mendukung kesimpulannya, dokter juga melakukan sejumlah pemeriksaan fisik. Seperti tes nafas, tes darah, maupun pemeriksaan tinja untuk mendeteksi apakah ada bakteri H Pylori atau tidak, tes barium yang berguna untuk melihat adanya perubahan di lapisan lambung, serta endoskopi yaitu pemeriksaan menggunakan endoskop yang bermanfaat untuk memeriksa apakah ada gangguan dalam sistem pencernaan atau tidak.

Berbagai obat bisa digunakan untuk mengobati gastritis akut seperti obat-obatan penghambat pompa proton, obat-obatan antasida, dan obat-obatan antihistamin. Itulah artikel Gastritis, Peradangan Pada Dinding semoga dapat bermanfaat, untuk anda yang ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan anda silahkan klik tombol tambah pertanyaan.


By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 28 Desember 2016 14:16:26

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Hirsutisme, Pertumbuhan Rambut Kurang Wajar Pada Wanita

Hirsutisme, Pertumbuhan Rambut Kurang Wajar…

Kesehatan
Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Bagi Kesehatan

Ketahui Akan Bahaya dan Dampak…

Kesehatan
Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top