Tanya Herbal

Epididimitis, Radang Pada Epididimis

Epididimitis, Radang Pada Epididimis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada epididimis atau saluran sperma yang ada pada testis bagian belakang. Penyakit tersebut bisa menyerang pria di berbagai usia. Tetapi yang paling sering terjadi adalah pada orang yang berusia 19 sampai dengan 35 tahun.Jika peradangan yang terjadi telah menyebar sampai ke testis, kondisi tersebut dikenal dengan istilah epididymo-orchitis.

Epididimis merupakan saluran bergulung-gulung yang menghubungkan testis dan vas deferens. Sementara vas deferens merupakan saluran sperma yang menuju pintu keluar pada penis ketika laki-laki ejakulasi. Epididimis memiliki fungsi untuk membawa dan menyimpan sperma. Orang yang sering bergonta ganti pasangan dalam berhubungan seksual tidak aman mempunyai risiko besar untuk terkena penyakit menular seksual atau PMS.


Bakteri yang menyebabkan PMS juga bisa menjadi penyebab epididymitis. Faktor lain yang juga bisa meningkatkan risiko terkena epididymitis adalah pernah infeksi prostat maupun infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, pria yang belum disunat, pernah menjalani prosedur medis yang memberikan pengaruh terhada purin, dan letakan atomis saluran kemih tidak normal.

Gejala Epididimitis, Radang Pada Epididimis diantaranya adalah nyeri pada testis, skrotum membengkak, sakit saat disentuh, berwarna kemerahan, dan terasa hangat, terdapat darah dalam cairan sperma, sering ingin buang air kecil dan merasa tidak tuntas, nyeri ketika buang air kecil, muncul benjolan di sekitar testis karena penumpukan cairan, ujung penis mengeluarkan cairan tidak normal umumnya terkait dengan PMS, sakit ketika ejakulasi maupun berhubungan seksual, pembesaran kelenjar getah bening yang ada di pangkal paha, rasa kurang nyaman pada perut bagian bawah maupun sekitar panggul.

Jika gejala tidak kunjung membaik setelah lebih dari enam minggu atau bahkan kambuh lagi, maka hal itu disebut dengan  epididymitis kronis. Oleh karena itu, jika Anda merasakan cairan yang keluar dari penis tidak normal, skrotum sakit, maupun nyeri ketika buang air kecil, maka sebaiknya konsultasi segera dengan dokter.

Penyebab Epididimitis, Radang Pada Epididimis diantaranya adalah karena infeksi saluran kemih, mumps atau gondongan, epididymitis kimia, amiodarone, penyakit menular seksual, infeksi kelenjar prostat, cedera pada bagian selangkangan, tuberculosis, cedera pada bagian selangkangan, dan penyakit behcet.

Untuk mendiagnosis apakah seseorang benar-benar mengalami epididymitis atau bukan berdasarkan gejala yang dirasakan, dokter biasanya akan merekomendasikan jenis-jenis pemeriksaan seperti sampel cairan, pemeriksaan dubur, tes darah dan urin, serta ultrasound. Mengenai pengobatan, ada beberapa langkah penanganan yang dianjurkan dokter untuk mengobati epididymitis diantaranya adalah obat antibiotik, obat pereda nyeri dan istirahat, dan pembedahan.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 21 Desember 2016 11:49:41

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur

Tahukan anda bahwa ada beberapa…

Kesehatan
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan…

Kesehatan
Cara Mengobati Eksim Atopik

Inilah Cara Mengobati Eksim Atopik…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top