Tanya Herbal

Efusi Pleura, Komplikasi Penyakit Berhubungan Dengan Paru

Efusi Pleura, Komplikasi Penyakit Berhubungan Dengan Paru -, Efusi pleura merupakan kondisi yang ditandai dengan penumpukan cairan antara dua lapisan pleura atau membrane yang memisahkan dinding dada bagian dalam dan paru-paru. Cairan yang diproduksi pleura berguna untuk menjadi pelumas untuk membantu melancarkan pergerakan paru-paru saat bernafas. Tetapi saat cairan tersebut ada dalam jumlah berlebihan dan menumpuk, maka dapat menimbulkan gejala tertentu seperti sakit di bagian dada ketika menarik serta membuang nafas, demam, batuk, dan sesak nafas.


Gejala efusi pleura umumnya akan terasa ketika kondisi tersebut telah memasuki level menengah atau level parah. Jika penumpukan masih terbilang ringan, penderita biasanya tidak akan merasakan gejala apapun. Penyebab efusi pleura diantaranya karena kanker paru - paru, tuberculosis atau TBC, emboli paru, pneumonia, penyakit lupus, dan rheumatoid arthritis. Efusi pleura bisa juga terjadi karena rembesan cairan dari pembuluh darah. Rembusan tersebut dipicu karena rendahnya kadar protein di dalam darah dan tekanan balik dalam pembuluh darah.

Diagnosis efusi pleura umumnya diawali dengan mengumpulkan keterangan dari pasien mengenai gejala yang dirasakan lalu pemeriksaan fisik menggunakan stetoskop maupun mengetuk - ngetuk dada. Jika dokter mencurigai Anda menderita efusi pleura, selanjutnya dokter merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG, X-Ray, serta CT Scan. Jika sudah terdeteksi adanya efusi pleura, thoracentesis bisa dilakukan untuk memeriksa jenis cairan. Tindakan ini dilakukan dengan mengambil sampel cairan lewat jarum yang ditusukkan ke rongga pleura.

Umumnya efusi pleura timbul sebagai bentuk komplikasi dari penyakit lain. Oleh karena itu, cara pengobatannya dilakukan dengan menyembuhkan kondisi yang menjadi dasar penyebabnya. Jika penyebab sudah bisa diatasi, maka penyakit efusi pleura bisa mereda dengan sendirinya. Contoh yang dapat diambil yakni dengan pengobatan kanker menggunakan kemoterapi dan radioterapi maupun pengobatan pneumonia menggunakan antibiotik.

Jika penyakit penyebab efusi pleura sangat parah dan susah diseumbuhkan, maka dokter akan menggunakan beberapa prosedur untuk menguras cairan yang menumpuk seperti pemasnagan kateter dalam jangka panjang dalam ruang pleura lewat kulit, pemasangan selang plastic khusus lewat bedah torakotomi dalam rongga pleura, prosedur thoracentesis untuk mengeluarkan cairan dengan volume besar, serta penyuntikan zat pemicu iritasi ke dalam ruang pleura lewat selang tertentu untuk mengikat dinding dad. Prosedur tersebut bernama pleurodesis yang umumnya diterapkan dalam mencegah efusi pleura yang biasanya kambuh.

Tidak hanya itu, prosedur untuk mengangkat jaringan tak sehat maupun jaringan yang telah meradang juga dapat dilakukan jika dampak kerusakan efusi pleura sudah mencapai tahap tersebut. Misalnya dengan mengangkat jaringan serta melakukan pembersihan radang yang dilakukan lewat torakoskopi atau torakotomi.

Nah, itulah skian informasi tentang Efusi Pleura, Komplikasi Penyakit Berhubungan Dengan Paru yang dapat saya bahas kali ini semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. dan apabila ada yang ingin di tanyakan tentang informasi kesehatan lainya atau yang berkaitan dengan artikel ini silahkan langsung saja konsultasi atau tanyakan di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 21 Desember 2016 11:32:18

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe

Penyebab Dermatitis Seboroik Membuat Kulit…

Kesehatan
Kesehatan
BPH Pembesaran Prostat Jinak Pada Pria

Berikut ini informasi lengkap tentang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top