Tanya Herbal

Cara Mengobati Dan Mencegah Disentri Dengan Sederhana

Disentri adalah kondisi ketika buang air besar dengan frekuensi lebih sering dengan tinja berupa air dan disertai lendir atau pun darah. Maka sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati dan mencegah disentri dengan sederhana sebelum menjadi parah dan harus konsultasi kesehatan kepada Dokter. Dalam mendiagnosis disentri, dokter biasanya akan memeriksa sampel tinja Anda.


Jika dokter mencurigai Anda terkena disentri, Anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tes darah untuk memeriksa antibody, USG hati, dan kolonoskopi. USG hati dilakukan supaya dapat memastikan ada atau pun tidaknya abses pada hati sedangkan kolonoskopi dilakukan untuk memeriksa kondisi usus besar.

Cara Mengobati Dan Mencegah Disentri Dengan Sederhana

Disentri biasanya dapat sembuh usai beberapa hari tanpa bantuan medis terutama jika disentri diakibatkan bakteri. Menangani disentri bisa dengan memperbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan terbuang selama diare terjadi supaya tidak terjadi dehidrasi.

Pencegahan dehidrasi saat terkena disentri sangat penting. Begitu juga jika terjadi pada anak-anak maupun bayi. Anda dianjurkan untuk memberikan mereka air minum sedikit demi sedikit. Hindari memberikan jus buah atau pun minuman bersoda kepada anak-anak karena dapat membuat diare mereka lebih parah.

Selain itu, bisa juga mengonsumsi oralit. Penggunaan oralit direkomendasikan terutama jika penderita rentan terhadap dehidrasi karena usianya 60 tahun keatas dan juga anak-anak. Oralit umumnya dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Cairan tersebut memiliki fungsi untuk menggantikan glukosa, garam, serta mineral penting yang telah hilang dari dalam tubuh akibat dehidrasi.

Namun ada hal yang perlu diingat bahwa pemberian oralit bukan bertujuan untuk menyembuhkan diare melainkan untuk mencegah dan mengobati dehidrasi. Konsumsi makanan dengan porsi kecil, hindari dulu makanan pedas dan berlemak. Jika perlu, Anda bisa memberinya antibiotik.

Penderita diare tingkat menengah sampai dengan tingkat parah yang disebabkan bakteri bernama shigella umumnya dianjurkan untuk mengonsumsi antibiotik untuk mempercepat kesembuhan. Penderita disentri dengan gejala yang parah juga demikian. Antibiotik yang diberikan ditentukan dokter usai hasil pemeriksaan lab yang telah membuktikan jenis disentri yang dialami pasien. Pasien disentri yang disebabkan amoeba biasanya dianjurkan untuk meminum antibiotik selama 10 hari.

Sebelum disentri terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Yang paling utama adalah menjaga kebersihan. Berbagai langkah sederhana bisa dilakukan seperti rajin mencuci tangan menggunakan air bersih mengalir dan sabun setelah menggunakan toilet, sebelum memasak, menyiapkan makanan, dan memasak. Begitu juga setelah bermain-main dengan binatang peliharaan.

Selainitu, cara lain untuk mencegah disentri diantaranya adalah mencuci pakaian pengidap disentri dengan air panas agar tidak menular, membersihkan toilet menggunakan disinfektan usai buang air besar, tidak memakai handuk yang sama dengan pengidap, serta hindari mengonsumsi makanan mentah seperti karedok, kecuali jika benar-benar telah dibersihkan dengan baik.

By Rahman Amaruloh - Pengobatan Jum'at, 16 Desember 2016 14:17:24

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati…

Pengobatan
Pengobatan Bronkiolitis dan Cara Mencegahnya

Bronkiolitis merupakan infeksi yang terjadi…

Pengobatan
Cara Mengobati Batu Ginjal Sesuai Ukurannya

Cara mengobati batu ginjal sesuai…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top