Tanya Herbal

Penyebab dan Pengobatan Cystic Fibrosis

Fibrosis kistik merupakan penyakit turunan yang membuat lendir-lendir dalam tubuh menjadi lengket dan mengental yang menjadi Penyebab dan Pengobatan Cystic Fibrosis ini adalah dengan pengobatan antibiotik. Penyakit ini membuat saluran dalam tubuh tersumbat. Lendir yang lengket dan kental ini lalu menumpuk serta menyumbat berbagai saluran dalam organ tubuh seperti sistem pernafasan dan sistem pencernaan yang akhirnya menimbulkan infeksi dan radang berulang, bahkan kerusakan pada organ tersebut.

Diagnosis fibrosis kistik bisa dilakukan sejak bayi baru lahir. Tujuan diagnosis tersebut adalah supaya pengobatan dapat dilakukan sedini mungkin. Pemeriksaan paling umum yang dilakukan adalah dengan tes sampel DNA. Dalam metode tersebut, kerusakan pada gen sangat berperan besar dalam menyebabkan penyakit ini diperiksa. Sampel DNA bisa diambil dari darah bayi.


Pemeriksaan lainnya bisa berupa tes sampel keringat. Sama halnya dengan pemeriksaan DNA, tujuan pemeriksaan tersebut berguna untuk mengetahui adanya fibrosis kistik lewat kadar garam keringat. Tes ini umumnya dilakukan ketika usia bayi satu bulan.

Pemeriksaan bakteri dalam air liur serta pemindaian yang terdiri dari CT Scan, pemindaian X-Ray, dan MRI scan bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat rusaknya paru-paru. Tidak hanya itu, ada pula pemeriksaan fungsi organ dalam mengukur tingkat kesehatan organ pankreas dan hati. Metode tersebut bisa pula dipakai untuk mendeteksi gejala diabetes serta dilakukan berkala setelah pasien berumur 10 tahun.

Pemeriksaan lanjutan biasanya berupa pemeriksaan fungsi paru-paru untuk mengetahui mengenai seberapa cepat pasien bisa bernafas, seberapa baik paru-paru dalam mengedarkan oksigen ke darah, dan seberapa besar volume udara yang bisa dihirup serta dihembuskan. Tujuan pemeriksaan lanjutan adalah untuk mengetahui perkembangan gejala serta mengendalikannya supaya tidak semakin parah.

Penyakit ini sebenarnya tidak bisa disembuhkan. Penanganan yang bisa dilakukan umumnya sebatas meredakan gejalanya, mencegah komplikasi, serta infeksi dalam jangka panjang yang bersifat merusak. Karena penyakit akibat lendir yang kental sebagai Penyebab dan Pengobatan Cystic Fibrosis ini adalah dengan menggunakan antibiotik dalam melawan infeksi yang terjadi di dalam paru-paru. Bentuk konsumsi antibiotik bermacam-macam. Ada yang diminum sebagai pil, kapsul, sirup, ada juga yang diinfus. Contoh obat antibiotik untuk fibrosis kistik adalah ciprofloxacin dan tobramycin.

Selain itu, dokter juga bisa meresepkan obat-obatan dalam mengurangi peradangan seperti fluticasone maupun predisone yang termasuk dalam golongan obat kortokosteroid, ibuprofen yang tergolong obat antiinflamasi nonsteroid, dan cromolyn yang tergolong penstabil membrane. Untuk memperlebar saluran pernafasan supaya nafas jadi lega dan mengeluarkan lendir lewat batuk, dokter biasanya akan meresepkan obat seperti atrovent yang termasuk obat antikolinergik dan salmeterol yang tergolong bronkodilator.

Itulah ulasan dari Penyebab dan Pengobatan Cystic Fibrosis bagi anda yang mengalaminya penting sekali untuk segera mendapatkan penanganan atau segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapat rekomendasi langkah untuk menangani penyakit anda.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Kamis, 15 Desember 2016 07:44:56

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Cara menambah sel darah putih…

Kesehatan
Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

SImaklah informasi kali ini yang…

Kesehatan
Cara Mengobati Kebotakan dengan Alami

Cara Mengobati Kebotakan dengan Alami…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top