Tanya Herbal

Pengobatan Bronkiolitis dan Cara Mencegahnya

Bronkiolitis merupakan infeksi yang terjadi pada saluran respiratorik bawah karena virus dan biasanya sering terjadi pada bayi serta bisa terjadi secara epidemic setiap tahun dengan ditandai obstruksi saluran pernafasan. Penyebab yang paling sering pada kasus ini adalah respiratory syncytial virus. Dalam ulasan kali ini, yang akan kami bahas adalah mengenai Pengobatan Bronkiolitis dan Cara Mencegahnya.


Ketika anak Anda terkena penyakit ini dan tergolong tidak parah, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk perawatan di rumah saja. Beberapa contoh perawatan di rumah diantaranya adalah mengistirahatkan anak, membuat kamar Anda nyaman dengan memasang pelembap udara, memberikan banyak cairan seperti ASI maupun susu formula untuk mencegah terjadinya dehidrasi, dan mensterilkan kamar Anak dari polusi udara seperti asap rokok.

Jika anak mengalami demam, Anda dapat memberikannya obat pereda demam yang dapat dibeli dengan bebas di apotek seperti paracetamol dan ibuprofen. Berikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter maupun pada petunjuk pemakaian yang terdapat dalam kemasan. Parasetamol bisa diberikan kepada anak yang berusia di atas dua bulan, sedangkan ibuprofen bisa diberikan kepada anak dengan umur tiga bulan dengan berat minimal 5 kilogram. Sedangkan aspirin hanya untuk anak-anak yang berusia di atas 16 tahun dan orang dewasa.

Memberikan obat tetes berupa larutan yang mengandung garam dapat pula dibeli dengan bebas di apotek yang berfungsi untuk meredakan hidung anak yang tersumbat. Karena hidung tersumbat merupakan salah satu gejala bronkiolitis. Pada anak yang mengalami bronkiolitis dengan sesak nafas yang mengkhawatirkan, penanganan sebaiknya dilakukan di rumah sakit. Selama dirawat, anak-anak dengan bronkiolitis harus mendapatkan terapi oksigen dan asupan cairan melalui infus.

Jika dibiarkan, bronkiolitis bisa menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi, gagal pernafasan maupun berkurangnya kadar oksigen di dalam tubuh, apnea maupun nafas berhenti sesaat, dan cyanosis yang ditandai kulit serta bibir berwarna biru karena kurang oksigen. Lalu bagaimana cara mencegah agar anak tidak terkena penyakit bronkiolitis?

Untuk meminimalisir risiko anak terkena bronkiolitis, jauhkan anak dari orang yang menunjukkan gejala penyakit yang berhubungan dengan saluran nafas. Cuci tangan anak dengan teratur untuk menghindarkannya dari penularan virus saat anak telah menyentuh mainan. Jika ada keluarga maupun teman yang ingin menggendong anak, minta mereka supaya mencuci tangan dulu. Jauhkan pula anak dari paparan asap rokok.

By Nandang Rohimat - Pengobatan Rabu, 14 Desember 2016 10:55:43

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengobati Batuk Rejan Sebelum Terjadi Komplikasi

Cara Mengobati Batuk Rejan Sebelum…

Pengobatan
Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Terkhusus untuk anda yang sedang…

Pengobatan
Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia

Inilah cara mengatasi gejala hipoglikemia…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top