Tanya Herbal

Manfaat Daun Salam

Daun salam umumnya dijadikan bumbu penyedap masakan nusantara. Daun salam dicampurkan dalam masakan yang berbentuk kering seperti sambal goreng. Disamping sebagai bahan untuk masak, daun salam juga memiliki banyak manfaat seperti dijadikan untuk tanaman obat dan untuk kecantikan. Berikut kami rangkum manfaat daun salam untuk pengobatan.


1. Manfaat daun salam untuk diabetes. Antioksidan di dalam daun salam bisa membantu tubuh dalam memproses insulin yang efisien sehingga bagus untuk penderita diabetes serta orang yang mengalami resistensi insulin. Untuk hasil maksimal, daun salam bubuk bisa dikonsumsi 30 hari.

2. Manfaat daun salam untuk mempengaruhi kardiovaskuler. Senyawa seperti salisilat, rutin, fitonutrien dan asam caffeic dalam daun salam bisa meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah stroke. Kandungan flavonoid di dalamnya juga bisa membantu menormalkan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Cara membuat ramuannya adalah dengan merebus 10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih, lalu direbus dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali sehari.

3. Manfaat daun salam untuk meredakan rasa sakit. Minyak dari ekstrak daun salam mengandung manfaat anti inflamasi atau peradangan yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit karena strain, keseleo, arthritis, dan rematik. Minyak daun salam juga bisa membantu meringankan sakit kepala dan migren. Hal tersebut karena daun salam bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Manfaat daun salam untuk mencegah kanker. Di dalam daun salam terkandung asam caffeic, euganol, quercetin dan catechin yang mempunyai sifat melindungi serta memberikan perlawanan terhadap berbagai kanker. Daun salam pun mengandung fitonutrien yang mampu menahan proliferasi sel kanker serviks.

5. Manfaat daun salam untuk mengobati batuk. Daun salam sangat efektif dalam memerangi gejala flu, pilek, dan infeksi. Dalam kasus gangguan pernafasan, rebus 3 lembar daun salam dalam 2 gelas air. Biarkan menguap 10 menit lalu rendam kain dalam air ini dan kain tersebut diletakkan pada dada untuk meringankan pilek dan flu.

6. Manfaat daun salam untuk mengobati ginjal. Daun salam membantu dalam mengobati infeksi ginjal serta batu ginjal. Resep pengobatan tersebut dilakukan dengan merebus 5 gram daun salam dalam 200 mililiter air. Lalu saring dan minum ramuan tersebut secara rutin dua kali sehari untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

7. Manfaat daun salam untuk mengatasi rambut rontok. Bilasan dari daun salam efektif dalam mengatasi ketombe. Selain itu, daun salam dianggap obat yang bagus untuk mengatasi rambut rontok karena berguna sebagai tonik.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 13 Desember 2016 10:15:42

Manfaat Daun Salam
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Daun Salam selain sebagai bumbu penyedap rasa, juga dapat dijadikan untuk tanaman obat dan kecantikan.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Dampak Buruk Penyakit Diare Jika Sering Diabaikan

Dampak Buruk Penyakit Diare Jika…

Kesehatan
Bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi

Berikut ini informasi yang akan…

Kesehatan
Epididimitis, Radang Pada Epididimis

Nyeri pada testi? hati hati…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top