Tanya Herbal

Waspadai Gejala-Gejala Depresi

Waspadai Gejala-Gejala Depresi karena memiliki gejala dan tanda yang nyaris sama dengan rasa sedih. Kesedihan merupakan reaksi normal dari manusia saat menghadapi masa sulit diakibatkan hal-hal tertentu. Rasa sedih yang normal dapat membaik seiring berjalannya waktu. Namun pada kasus depresi, penderita merasa sedih dalam waktu yang lama bahkan bisa memburuk.

Tidak hanya rasa sedih yang berlangsung lama, orang yang menderita depresi pun bisa putus asa serta tidak mampu berpikir positif mengenai masa depannya.

Depresi sangat berdampak pada produktivitas dan hubungan sosial dengan orang-orang terdekat. Penderita depresi merasa kesulitan untuk bisa bekerja dengan baik.

Mereka pun cenderung menjauhi kegiatan sosial bahkan mengasingkan diri. Depresi pun dapat membuat mereka yang mengalaminya tidak lagi menikmati hobi atau kegiatan yang sebelumnya sangat disukai.


Gejala-Gejala Depresi psikologis saat seseorang mengalami depresi diantaranya adalah merasa putus asa, selalu dibebani perasaan bersalah, suasana hati buruk maupun sedih yang berkelanjutan, sering merasa cemas, mudah marah maupun sensitif, mudah menangis, merasa sangat rendah diri, khawatir berlebihan, sulit mengambil keputusan, gerakan tubuh, pemikiran, dan ucapan yang lambat, kurang mempunyai motivasi serta cenderung kurang peduli dengan yang terjadi di lingkungannya, tidak mampu menikmati kebahagiaan hidup, sampai berkeinginan untuk melakukan bunuh diri.

Gejala non psikologis pun bisa tampak pada orang yang mengalami depresi seperti sering merasa kelelahan, perubahan siklus menstruasi pada perempuan, sakit di area tubuh tertentu tanpa alasan jelas, mengalami gangguan pola tidur, tidak memiliki gairah seksual, konstipasi, pergerakan tubuh serta cara bicara yang cenderung lebih lambat dibandingkan biasanya, sulit berkonsentrasi dan sulit mengingat, serta hilang selera makan.

Masa kehamilan merupakan masa saat perempuan lebih rentan mengalami depresi. Terlebih saat mendekati waktu melahirkan maupun setelahnya. Sebanyak 10 sampai 20 persen perempuan yang baru melahirkan cenderung mengalami depresi. Penyebabnya beragam. Bisa karena merasa diri kurang mampu dalam mengurus bayi sampai karena perubahan bentuk tubuh yang tidak lagi seperti saat masih gadis.

Depresi bisa terjadi pada orang yang menderita gangguan bipolar yang disebut dengan depresi manik. Bipolar merupakan kelainan suasana hati yang sangat kompleks. Penderitanya sering merasa depresi pada tingkat ekstrem. Ketika bahagia, mereka pun berlebihan. Depresi umumnya tidak disebabkan karena satu kejadian saja. Beberapa faktor pemicu atau penyebab munculnya depresi antara lain karena mengalami kejadian yang membuat trauma, penyakit serius, obat-obatan tertentu, faktor keturunan, dan kepribadian.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 07 Desember 2016 14:38:30

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

SImaklah informasi kali ini yang…

Kesehatan
Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan.…

Kesehatan
6 Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Bukan hanya dapat mengeyangkan mengkonsumsi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top